Rabu, 8 Mei 2024

Pemprov Jatim Gelar Seleksi Paskibraka Tahun 2023

Diunggah pada : 22 Mei 2023 6:55:46 1312
Kepala Bakesbangpol Jatim, Eddy Supriyanto, saat foto bersama dengan peserta seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibraka) Tingkat Provinsi Jawa Timur dan Nasional Tahun 2023,di Gedung BPSDM Jatim, Minggu (21/5/2023) malam/Audi

Jatim Newsroom- Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melakukan  seleksi peserta calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Jawa Timur dan Nasional Tahun 2023.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Timur, Eddy Supriyanto mengatakan kegiatan seleksi Paskibraka merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk menyaring dan memilih anggota Paskibraka yang benar-benar mampu menjalankan tugasnya serta dapat menanamkan nilai-nilai Pancasil

"Selain itu seleksi Paskibraka tersebut, untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dikalangan generasi muda, menguatkan semangat nasionalisme dan patriotisme serta menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa,"ujarnya, saat pembukaan, di Gedung Ba dan Pengembangan  Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur, Minggu (21/5/2023) malam. 

Eddy Supriyanto, yang juga Wakil Ketua Panitia seleksi peserta calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibraka) Tingkat Provinsi Jawa Timur dan Nasional Tahun 2023, menjelaskan peserta seleksi sebanyak 228 orang dari 38 Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur. 

Masing-masing kota mengirimkan tiga pasangan calon Paskibraka, dan seleksi akan di gelar mulai 21-24  Mei 2023, di gedung BPSDM Jawa Timur.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono dalam sambutan tertulis  berpesan kepada peserta calon Paskibraka agar mampu memberikan pengaruh positif baik dilingkungan tempat tinggal masing-masing, maupun dalam pergaulan masyarakat.

Sedangkan tahapan seleksi meliputi test kesehatan, psikologi, pembinaan ideologi pancasila, intelegensia, peraturan baris berbaris, kesamaptaan dan kepribadian.

Hasil seleksi akan memilih 76 Paskibraka Provinsi Jawa Timur dan 2 Paskibraka yang akan dikirim ke pusat.(mad/hjr)

#paskibraka #bakesbangpol