Sabtu, 2 Maret 2024

Sukseskan Pelaksanaan Pemilu, dan Pemilukada 2024, Pemprov Jatim Gelar Wayang Kulit di Madiun

Diunggah pada : 12 November 2023 10:44:36 109
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setdaprov Jatim, Benny Sampirwanto, M. Si mewakili Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat membuka acara wayang kulit di bakorwil Madiun. (Rafly).

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar wayang Kulit yang diselenggarakan di kantor Badan Koordinator wilayah (Bakorwil) Madiun, Sabtu (11/11/2023) malam.

Pembukaan acara ini ditandai dengan penyerahan gunungan Wayang dibuka oleh Asisten Pemerintahan, dan Kesejahteraan, Benny Sampirwanto M.Si yang mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Ki Cahyo Kuntadi sebagai dalang.

Benny Sampirwanto mengatakan, ada dua pesan yang disampaikan oleh gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di pergelaran wayang kulit ini yaitu. Pertama arti penting nilai kebudayaan, karena budaya tersebut memiliki nilai - nilai luhur dari para pemiliknya yang selalu dirawat, dan dilestarikan seluruh warga Jawa Timur. Seperti wayang kulit ini yang tampil hari ini harus dijaga dan dilestarikan.

Kemudian pesan yang kedua, Gubernur Khofifah mengajak dan mengingatkan seluruh warga di Jatim bahwa tahun 2024 Indonesia menghadapi pemilu serentak dan pemilihan kepala daerah. Jangan sampai ada pertentangan yang muncul antar masyarakat dan keluarga.

"Jadi Gubernur Jatim mengajak untuk masyarakat gunakan hak pilihnya sesuai hati dan keinginan masing - masing. Tetapi kami minta masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan untuk keuntuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI,"pungkas Benny yang membacakan sambutan gubernur Khofifah.

Sementara itu Ketua pelaksanaan wayang kulit yang juga kepala Bakesbangpol Jatim, Eddy Supriyanto mengatakan kegiatan wayang kulit ini bertujuan pertama melestarikan kesenian tradisional khususnya wayang kulit supaya tidak punah dan bisa bertahan dari generasi ke generasi.

Kedua, meningkatkan daya apresiasi seni masyarakat terhadap wayang kulit, ketiga mengajak masyarakat ikut menyukseskan pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak 2024, dan keempat mengajak masyarakat untuk menjalin semangat persatuan dan kesatuan bangsa, serta menciptakan komitmen bersama dalam menjaga kokohnya negara kesatuan republik Indonesia.

"Dengan pagelaran Wayang kulit malam ini, pemantapan stabilitas keamanan dan politik menjelang pemilu dan pemilukada serentak tahun 2024. Dan rencana wayang kulit ini akan kami lakukan di Bakorwil lainnya dengan bekerjasama dengan Dinas Pariwasata dan Kebudayaan Provinsi Jatim. Serta kegiatan ini juga merupakan rangkaian hari jadi Provinsi ke 78 tahun,"pungkas Eddy yang juga ditunjuk dan menjabat Plt Disparta Jatim oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah. (pca/hjr)

#gubernurjatim #pemprov jatim #gubernur khofifah #bakesbangpol #Ka Bakesbangpol Prov Jatim #asisten pemerintahan