Sabtu, 11 Mei 2024

Jatim Tetapkan Purnapaskibraka Duta Pancasila 2023

Diunggah pada : 21 Desember 2023 21:29:39 75
Pengangkatan dan penetapan Purnapaskibraka Duta Pancasila Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur 2023, di Surabaya, Kamis (21/12/2023). Foto: Rafly/JNR

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar pengangkatan dan penetapan Purnapaskibraka Duta Pancasila Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur 2023, di Surabaya, Kamis (21/12/2023).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Timur (Bakesbangpol Jatim), Eddy Supriyanto, menyampaikan hal ini bertujuan agar para Purnapaskibraka bisa menjadi duta pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota dalam menyebarkan wawasan kebangsaan dan nasionalisme kepada masyarakat. 

"Semua yang pernah bertugas sebagai paskibraka di provinsi maupun kabupaten/kota kita tes. Jadi hari ini di provinsi, dari 76 itu lulus 68. Setelah lulus mereka dikukuhkan hari ini diangkat dan ditetapkan sebagai Purnapaskibraka Duta Pancasila. Tadi juga diikuti oleh 1039 paskibraka kabupaten/kota se-Jatim," jelasnya. 

Kepala Bakesbangpol Jatim menuturkan para Duta Pancasila ini akan mendapatkan pembekalan untuk kemudian diteruskan ke masyarakat. "Jadi mereka bisa memberikan contoh tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Supaya masyarakat semakin memahami dan mengamalkan nilai-nilai pancasila," tuturnya. 

Jiwa nasionalisme, patriotisme, dan kepemimpinan, lanjut Eddy, merupakan nilai-nilai pancasila yang harus terbentuk dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Sebagai putra-putri Indonesia pilihan, kalian harus mampu memberikan energi positif bagi generasi muda lainnya serta masyarakat," pesan Kepala Bakesbangpol Jatim. (idc/s)

#bakesbangpol #duta pancasila