Jumat, 26 April 2024

Pemprov Jatim Gelar Jalan Sehat Peringatan HKSN 2022

Diunggah pada : 9 Desember 2022 13:39:06 66
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim (Asisten I) Benny Sampirwanto bersama Kepala Dinsos Jatim Alwi melepas Jalan sehat

Jatim Newsroom - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim (Asisten I), Benny Sampirwanto, mewakili Sekdaprov Jatim melepas Jalan Sehat yang diselenggarakan Pemprov Jatim melalui Dinas Sosial, Jumat (9/12/2022) pagi.

Saat memberangkatkan peserta jalan sehat, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekdaprov Jatim, Benny Sampirwanto, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk merekatkan rasa nilai kesetiakawanan sosial kita.

“Tentu yang dari Dinsos tahu latar belakang hari lahirnya HKSN. Intinya adalah untuk meningkatkan dan mempererat rasa kesetiakawanan sosial. Tahun 1945 dulu kita tercerai berai. Walaupun begitu, peringatan ini masih relevan sampai saat ini. Kita peringati HKSN karena ada orang yang berbeda, baik secara ekonomi dan sebagainya,” katanya.

Usai jalan sehat, para peserta mengunjungi tenda pemeriksaan (skrining) kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, pemeriksaan mata dari Rumah Sakit Mata Masyarakat Jatim, donor darah dari PMI, dan pelayanan KTP digital dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jatim. Peserta jalan sehat tampak antusias mengikuti layanan-layanan yang disediakan. Bahkan, mereka tak segan mengantre panjang.

Kepala Dinsos Jatim, Alwi, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kesetiakawanan sosial. “Masyarakat banyak yang membutuhkan darah, jadi kami kemas kegiatan ini tujuannya agar peserta bisa mendonorkan darahnya. Kalo semata-mata mereka diundang untuk donor darah terlalu biasa. Kami kemas dengan jalan sehat, doorprise, dan sebagaianya. Sasaran yang ingin kita capai, bagaimana hari ini PMI bisa memperoleh darah dari pendonor yang cukup signifikan,” ungkapnya.

Alwi melanjutkan, kegiatan ini juga merupakan implementasi nilai IKI yang dicetuskan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, yaitu Inisiatif, Kolaborasi, dan Inovasi. Dikarenakan, Dinsos Jatim berkolaborasi dengan OPD serta institusi lain, yakni Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Rumah Sakit Mata Masyarakat Jatim, PMI, dan DP3AK. “Memang kami tidak bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu, kami juga melibatkan OPD Pemprov Jatim di sekitar Dinsos, UPT Dinsos Jatim, TNI, dan Polri,” tegasnya.

Pekik salam “Dinsos, Melayani Menyelesaikan,” “Jawa Timur, Jaya Luar Biasa,” dan “Salam Optimis, Jatim Bangkit” mengawali kegiatan Jalan Sehat, Jalan sehat ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2022. Setidaknya ada sekitar 500 orang peserta yang memeriahkan kegiatan ini. Mereka terdiri dari ASN Dinsos Jatim, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinsos Jatim, pilar sosial, TNI, Polri, Kogartap, PT Pos, dan Bank Jatim. (her/s)

#dinsos jatim