Sabtu, 11 Mei 2024

Pemprov Jatim Dukung Gerakan Pencanangan dan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

Diunggah pada : 18 Juli 2023 14:58:16 260
Kepala Bakesbangpol Jatim, Eddy Supriyanto usai rapat persiapan pencanangan bendera merah putih di Jatim bersama bakesbangpol kabupateb/Kota. (Ghufron)

Jatim Newsroom – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) siap mendukung dan mensukseskan pencanangan gerakan 10 juta bendera merah putih secara serentak. Hal ini Sesuai tindak lanjut Surat Edaran (SE) Mendagri Nomor 400.10.1.1/1965/SJ tanggal 7 April 2023 tentang Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih Tahun 2023. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bakesbangpol Jatim, Eddy Supriyanto usai rapat persiapan pencanangan bendera merah putih di Jatim bersama bakesbangpol kabupateb/Kota di kantor Bakesbangpol Jatim, Selasa (18/7/2023).

Dikatakannya Eddy, untuk di Jatim sendiri untuk mendukung gerakan pencanangan dan pembagian 10 juta bendera merah putih akan dilaksanakan di Masjid Al Akbar Surabaya bertepatan dengan satu Muharram langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Kapolda, Pangdam dan kejaksaan. Serta mengundang dari Dirjen Politik dan Umum Kementerian dalam Negeri dan kemenko PMK, BIP, dan OPD.

“Hari ini tim Bakesbangpol bersama biro kesra, serta panitia Masjid Al Akbar Surabaya sedang rapat teknis pencanangan dan pembagian bendera merah putih. Dan bendera merah putih yang akan dibagikan pada kegiatan besok pada Rabu ada 80 – 100 Ribu bendera merah Putih,”katanya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan Bakesbangpol akan terus mengumpulkan bendera merah putih dari berbagai stakeholder di Jatim  dari OPD pemprov Jatim, BUMD, BUMN, Kabupaten/Kota di Jatim serta para pengusaha untuk bisa bersama – sama untuk mensukseskan kegiatan pembagian dan pencanangan bendera merah putih tersebut. Dan targetnya pengumpulan bendera yaitu 5 juta seperti tahun lalu.  

“Jadi tahun ini tidak hanya pengumpulan bendera saja yang dihitung. Tapi juga masyarakat yang mengibarkan bendera merah putih masing – masing di rumahnya secara serentak pada 1 Agustus 2023 mendatang. Dan tugas Bakesbangpol juga memantau pelaksanaan di kabupaten/kota untuk pemasangan bendera merah putih serentak oleh masyarakat di tanggal 1 Agustus 2023 di rumah masing. Dan kemudian Bakesbangpol akan melaporkan pemantauan tersebut ke Mendagri, dan BPIP, “katanya.

“Maka itu, pihaknya mengajak kepada semua stakeholder dan masyarakat di Jatim untuk bisa mensukseskan dan membumikan program pencanangan bendera merah putih di bumi Nusantara kita tercinta ini. Sehingga saat dilihat dari satelit atas bisa terlihat bendera merah putih yang kita pasang,”pungkasnya. (pca/hjr)

#bakesbangpol #Ka Bakesbangpol Prov Jatim