Selasa, 30 April 2024

Pemkab Pasuruan Siapkan Tiga Isu Strategis dalam Perencanaan Pembangunan 2025

Diunggah pada : 16 Januari 2024 11:43:32 80
Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan, Andriyanto, menyampaikan tiga isu strategis dalam perencanaan pembangunan di tahun 2025.

Hal ini disampaikan Andiyanto saat membuka Forum Konsultasi Publik (FKP) yang membahas rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pasuruan tahun 2025 dan digelar oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan di Pavilliun Taman Dayu Pandaan, Senin (15/01/2024) .

Dalam rilisnya hari ini, Selasa (16/1/2024), Dikatakan Andriyanto, bahwa pertama, percepatan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang berfokus pada peningkatan partisipasi pendidikan SMP dan kesetaraan. Kedua, peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang berfokus pada penurunan prevalensi stunting, penyakit degeneratif dan menular dan penurunan AKI-AKB (Angka Kematian Ibu Melahirkan dan Bayi Baru Lahir). Ketiga, penurunan kesenjangan wilayah serta peningkatan kualitas infrastruktur dan konektifitas wilayah maupun peningkatan desa mandiri. 

Dengan memperhatikan capaian kinerja tahun 2023, isu strategis dan arah kebijakan Pembangunan Daerah tahun 2025, serta mengacu pada dokumen perencanaan yang ada, maka Pemkab Pasuruan merumuskan tema pembangunan daerah tahun 2025, yaitu peningkatan kualitas SDM dan daya saing daerah untuk mendukung transformasi ekonomi inklusif. 

Dikatakan Andriyanto, tema tersebut dijabarkan ke dalam 4 prioritas pembangunan daerah. Diantaranya peningkatan kualitas dan akses pelayanan dasar masyarakat, penguatan ketahanan sosial ekonomi masyarakat, peningkatan daya saing daerah berbasis potensi lokal serta peningkatan tata kelola pemerintahan yang berdampak dan berbasis elektronik. (yan/s)

 

#kabupaten pasuruan