Kamis, 1 Desember 2022

Pemkab Pasuruan Menggelar Job Fair YESS PPIU Jatim 2022

Diunggah pada : 28 September 2022 16:12:36 45
Bupati Pasuruan pada kegiatan Job Fair YESS PPIU Jatim 2022

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar Job Fair Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS) Programme Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Jatim 2022, Rabu (28/9/2022)

Job Fair Yess PPIU Jatim 2022 ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tentunya dilakukan melalui pemberian akses informasi lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja.

Bursa kerja yang mempertemukan antara perusahaan dan masyarakat usia produktif tersebut, secara otomatis membantu Pemerintah Daerah dalam mereduksi angka pengangguran dan bertujuan untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja di beberapa sektor usaha.

“Bursa kerja memfasiltasi masyarakat kita dan perusahaan-perusahaan di Kabupaten Pasuruan. Bagi masyarakat, kami berikan akses informasi pekerjaan yang disediakan oleh perusahaan. Ini bagian upaya dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk mengurangi Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Pada akhirnya bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat,” ujar Bupati dalam sambutannya yang disampaikan di Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja Daerah (UPT LKD) Rejoso.

Job Fair kali ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat penyandang disabilitas. Karena sama-sama memiliki kesempatan dan hak yang sama untuk memperoleh pekerjaan sesuai keahlian yang dimiliki,” ujar Bupati.

Bupati juga mengatakan  pentingnya pembangunan di sektor pertanian, sehingga posisi pekerjaan dalam Job Fair dengan komposisi terbanyak dari perusahaan di bidang pertanian.

“Mau tidak mau, pembangunan pertanian harus dikembangkan bersama. Terlebih tantangan sudah mulai tampak, dimulai dengan kondisi krisis global yang mengakibatkan kelangkaan pangan di beberapa negara. Misalnya, Srilanka,” jelasnya.

Dalam pelaksaannya, Job Fair YESS Programme PPIU Jatim Tahun 2022 sebagai solusi dari tingginya pertumbuhan angkatan kerja di Kabupaten Pasuruan. Sehingga diharapkan dapat menjadi momentum untuk pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat, bakat dan keterampilannya. Terlebih, bursa kerja ini yang pertama kalinya digelar setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi.  Kegiatan hasil sinergi kolaborasi antara Kementerian Pertanian melalui Politeknik Pembangunan Pertanian dengan PPIU Jatim.(yan/n)

#Bupati Pasuruan