Sabtu, 11 Mei 2024

Pemkab Mojokerto Gelar Audit Stunting

Diunggah pada : 24 Juni 2023 10:13:30 40
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Sebagai upaya penguatan deteksi dini melalui intervensi spesifik dan sensitif bagi kelompok sasaran risiko stunting, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menggelar rapat koordinasi (Rakor) Audit Kasus Stunting, Jum’at (23/6).

Rakor yang diprakarsai DP2KBP2 ini berlangsung di Smart Room Satya Bina Karya (SBK), Pemkab Mojokerto. Rakor identifikasi stunting ini secara langsung dipimpin oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dengan diikuti 16 organisasi perangkat daerah terkait yang menangani stunting di bumi Majapahit.

Melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina menjelaskan, audit stunting merupakan upaya membantu risiko dan penyebab risiko pada kelompok sasaran yang berbasis surveilans rutin atau sumber data lainnya.

“Khususnya sebagai penapisan kasus-kasus yang sulit termasuk mengatasi masalah mendasar pada kelompok sasaran audit risiko stunting, yaitu calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui dan baduta,” jelasnya.

Melalui Rakor ini, Bupati Ikfina berharap semoga semua peserta bisa mengetahui faktor risiko stunting dan kasus yang diauditnya. Sekaligus mampu menentukan langkah selanjutnya dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Mojokerto.

“Jadi setelah audit itu dilakukan. Intervensi terhadap kasus-kasus risiko stunting khususnya balita ini juga dievaluasi. Kita harus tau apakah intervensi tersebut dapat memperbaiki status gizi dan kesehatan,” katanya. (vin/s)

#stunting #Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto #rakor