Senin, 6 Mei 2024

Nikmati Waktu Sore, Penerima Manfaat di UPT RSBG Tuban Mewarnai dan Menempel Stik

Diunggah pada : 11 Desember 2023 19:00:44 25
Nikmati Waktu Sore, Penerima Manfaat di UPT RSBG Tuban Mewarnai dan Menempel Stik

Jatim Newsroom - Para Penerima Manfaat (PM) binaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (UPT RSBG) di Tuban menikmati waktu sore hari dengan mewarnai dan menempel stik pelangi pada kertas hitung serta merangkai pita merah

Kegiatan sore ini dilakukan penerima manfaat (PM) putri di gazebo asrama putri. Satu per satu PM mewarnai dan menempel stik pelangi sesuai angka penjumlahan. Kemudian mereka merangkai pita merah. Setiap PM merangkai pita merah menjadi ikatan simpul kepang.

Aktivitas ini merupakan stimulasi minat belajar bersama (SMBB) serta bentuk pendekatan psikologi dan perilaku. Kegiatan ini dilakukan berulang dan bergantian hingga seluruh PM menyelesaikannya sesuai yang dicontohkan dan diarahkan. 

Kepala UPT RSBG Tuban, Teguh Setyawan, melalui Psikoanalis, Rizki Masykuriah, Senin (11/12/2023) menyampaikan, SMBB ini diikuti PM yang bermasalah. Tujuannya, untuk membantu PM tersebut menguraikan hambatan dan permasalahan yang dialami.

"Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini. Di antaranya, untuk melatih motorik halus, melatih kemampuan dalam menerima dan memahami, melatih konsentrasi, menstimulasi mood atau suasana hati, meningkatkan kerja sama, memotivasi PM agar semangat, dan untuk melemahkan perilaku yang tidak normatif menjadi normatif," paparnya. (her/s)

 

 

#dinsos jatim