Sabtu, 20 Juli 2024

Menteri Agama Lantik Dewan Hakim MTQ Nasional XXIX Kalsel

Diunggah pada : 12 Oktober 2022 15:03:14 482
Lima orang Dewan Hakim pada MTQ Nasional XXIX Kalimantan Selatan asal Provinsi Jatim

Jatim Newsroom- Menteri Agama, H Yaqut Cholil Qoumas melantik Dewan Pengawas, Dewan Hakim dan Panitera Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022 di Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Prosesi pelantikan ditandai pemakaian baju toga oleh Menag Yaqut kepada Dewan Hakim. Sementara kata sumpah jabatan dibacakan Ketua Dewan Pengawas sekaligus Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar. Mereka yang dilantik terdiri dari 7 Dewan Pengawas, 135 Dewan Hakim dan 26 Panitera.

Dikatakan Menag, salah satu unsur penting dalam perhelatan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 ini adalah keberadaan para dewan hakim. “Kesuksesan perhelatan ini banyak ditentukan kualitas para dewan hakim dalam memberi penilaian secara objektif dan profesional," ujar Gus Yaqut, Rabu (12/10/2022) di Banjarmasin.

"Untuk itulah, dalam pelantikan Dewan Hakim ini, saya mengajak kita semua untuk kembali menegaskan komitmen menjaga kesucian dan spirit Al-Qur’an," tegas Menag. 

Dari sekian Dewan Hakim, dari Jawa Timur ada lima orang di antaranya adalah KH A Zul Hilmi Dewan Hakim Cabang Tilawah Golongan Dewasa dan Qiroat Mujawwad, Prof Dr H Ahmad Zahro MA Dewan Hakim Hifzh Al-Qur’an Golongan 30 Juz dan Tafsir Bahasa Arab, H Misbachul Munir Dewan Hakim Cabang Khat Al-Qur’an Golongan Naskah dan Hiasan Mushaf, Prof Dr H Yusuf Hanafi Dewan Hakim Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Drs H Abdul Aziz RM Dewan Hakim Cabang Hifzh Al-Qur’an Golongan 1 Juz + Tilawah dan Juz 5 + Tilawah.

MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 Kalsel digelar di tiga lokasi mulai 10-19 Oktober 2022, yakni Kabupaten Banjar, Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru. Jenis Lomba pada MTQN XXIX yaitu 8 Cabang, 23 Golongan dan 2 Kategori dengan jumlah 1.676 peserta dari 34 provinsi. 

Tampak hadir dalam pelantikan dewan hakim, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, para pejabat eselon I dan II, para Kakanwil, Staf Khusus, Staf Ahli, Juru Bicara Menag, dan Forkopimda Pemprov Kalsel. (jal/hjr)

#MTQ Nasional XXIX Banjarmasin