Jumat, 3 Mei 2024

Membaik Karena Dukungan Penuh Keluarga, UPT RSBL Kediri Reunifikasi PM

Diunggah pada : 14 Februari 2023 16:13:11 29
Dukungan keluarga sangat berperan penting untuk kesembuhan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ)

Jatim Newsroom - Dukungan keluarga sangat berperan penting untuk kesembuhan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Hal inilah yang terjadi pada PM binaan Pemerintah Provinsi melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Laras (UPT RSBL) Kediri asrama Caruban Dinas Sosial (Dinsos) Jatim.

PM berinisial M itu berasal dari Desa Semanding, Kec. Kauman, Kabupaten Ponorogo. Dia direhabilitasi di UPT RSBL Kediri asrama Caruban sejak bulan Januari 2022. Sejak direhabilitasi, M sudah mampu menyesuaikan diri serta aktif di setiap kegiatan bimbingan yang diadakan UPT.

M merupakan anak yang supel. Dia mempunyai cita-cita menjadi tentara dan pernah mendaftar TNI, tetapi gagal. Hal itulah yang memicu PM menjadi sensitif dan suka melamun.

Keluarga sangat aktif mengunjungi PM. Mereka memberi dukungan dan semangat kepada PM untuk kesembuhannya. Beberapa kali diasesmen oleh psikolog Dewi Pradista, PM selalu menyampaikan keinginannya untuk segera pulang dan membantu orangtua berjualan.

Saat orang tuanya menjenguk, Pendamping UPT, A. Sugiharjani, menyampaikan keinginan PM. Bak gayung bersambut, ternyata orang tua juga mempunyai keinginan untuk membawa pulang PM. Untuk itu, UPT RSBL Kediri asrama Caruban melakukan uji coba dengan memulangkan PM selama satu minggu.

Keluarga dan PM datang kembali ke UPT. Sang ayah mengungkapkan bahwa selama seminggu di rumah, anaknya sudah bisa bersosialisasi dengan keluarga dan lingkungan. Untuk itu, orang tua menghendaki PM putus kontrak dengan UPT RSBL Kediri asrama Caruban.

Kepala UPT RSBL Kediri  Singgih Tri Wimbanu  melalui Kepala Seksi (Kasi) Rehabilitasi Sosial Tarmini  memberi arahan kepada orang tua bahwa dukungan keluarga dan lingkungan sekitar sangat berpengaruh terhadap kesembuhan PM 

"UPT RSBL Kediri asrama Caruban berharap agar PM tidak dikucilkan, selalu dilibatkan dalam kegiatan keluarga, jangan kelelahan, dan yang terpenting diperhatikan obat harus rutin diminumkan,” lanjut Tarmini.

Keluarga dan PM mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pegawai UPT RSBL Kediri yang telah membimbing dan mendidik PM, sehingga kondisinya bisa kembali membaik dan mau bekerja kembali. (her/s) 

#dinsos jatim