Rabu, 8 Mei 2024

Mahasiswa PLS UM Coba Track ‘Bombastis’ di UPT RSBN

Diunggah pada : 6 September 2022 20:45:18 44
Foto: dok. UPT RSBN Malang untuk JNR Diskominfo Jatim

Jatim Newsroom – Penasaran dengan inovasi Belajar Orientasi Mobilitas bagi Disabilitas Netra dan Komunitas (Bombastis) milik Pemprov Jatim di Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Malang, mahasiswa dari Universitas Negeri Malang (UM) jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) datang dan mencoba track Bombastis, Selasa (6/9/2022).

Mahasiswa UM PLS melakukan trial track Bombastis 1, yang terdapat jalan halang rintang, tangga naik turun, jalan menanjak, dan jalan menurun. Didampingi oleh instruktur Bombastis, mereka lanjut mencoba track Bombastis dengan mengenakan penutup mata, rompi, dan memegang tongkat tunanetra.

Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, menjelaskan, track Bombastis ini adalah wujud untuk mengajarkan konsep orientasi mobilitas (OM) dengan melibatkan instruktur, pekerja sosial, care giver, keluarga, dan masyarakat. 

"Dengan mencoba track bombastis, keluarga atau masyarakat akan merasakan bagaimana rasanya disabilitas netra melakukan OM. Pastinya akan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat untuk bisa peduli dan mengajarkan OM kepada disabilitas netra. Hal ini akan bermanfaat sekali bagi teman-teman disabilitas netra," ujarnya.                      

Salah satu mahasiswa UM, Wahyu Kurniawan, yang melakukan trial track Bombastis mengaku merasa deg-degan, gemetar dan empati.

"Jujur rasanya deg-degan, tangan saya gemetar pegang tongkat, karena pertama kali mencoba dan takut jatuh, ikut merasakan apa yang disabilitas netra rasakan, benar-benar tidak bisa lihat apa-apa, gelap semuanya. Saya salut dengan teman-teman disabilitas netra, dengan adanya track Bombastis ini jelas sangat membantu untuk percepatan teman-teman disabilitas netra mengenal lingkungan sekitar," ungkapnya.(Sas/s)

#dinsos jatim