Minggu, 28 April 2024

Lipat Surat Suara, KPU Kabupaten Pasuruan Libatkan 500 Warga

Diunggah pada : 9 Januari 2024 9:10:02 55
Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Sebanyak 500 warga dilibatkan dalam pelipatan surat suara oleh Pemilu 2024 oleh  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan  di Gudang KPU Kabupaten Pasuruan, Senin (08/01/2024).

Dalam rilisnya hari ini, selasa (9/1/2024), gudang tersebut berlokasi di Pleret, Kecamatan Pohjentrek yang disewa KPU untuk menyimpan seluruh logistic, termasuk kegiatan pelipatan surat suara. 

Sebelum dilipat, warga terlebih dulu mensortir surat suara berdasarkan jenisnya. Dikhawatirkan ada surat suara yang bercampur antara surat suara untuk Pilpres, Pileg dan DPD. Rata-rata, warga yang terlibat dalam pensortiran dan pelipatan surat suara didominasi oleh para emak alias ibu-ibu. Kebanyakan mereka adalah tenaga yang sudah berpengalaman, dalam artian sudah pernah dilibatkan di Pemilu-Pemilu sebelumnya. 

Selama mensortir dan melipat surat suara, ratusan warga tersebut dibagi menjadi dua shift. shift pertama dimulai pukul 7 pagi hingga 3 sore. Dan dilanjutkan shift kedua mulai pukul 15.30-21.30 WIB.

Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Pasuruan, Zainul Faizin, mengatakan, sebelum mensortir dan melipat, KPU terlebih dulu memberikan pengarahan kepada warga agar mengerti bagaimana cara mensortir dan melipat surat suara yang benar. Ditargetkan, dua kegiatan tersebut selesai maksimal 10 hari. Menurut Faizin, lebih dari 6 juta surat suara yang akan disortir dan dilipat. Kecuali surat suara PSU (Pemungutan Suara Ulang). 

Terkait upah yang mereka dapatkan, Faizin menegaskan bahwa besaran upah yang mereka terima berdasarkan banyaknya surat suara yang dilipat, dan seluruhnya terbagi menjadi kelompok-kelompok.

"Bukan per orang. Tapi dalam kelompok-kelompok. Nanti tinggal dihitung ada berapa banyak surat suara yang dilipat, tinggal kelompok yang akan membaginya," katanya. (yan/s)

#kabupaten pasuruan