Selasa, 7 Mei 2024

Latih Motorik, Dinsos JatimAjak Penerima Manfaat Bermain Peran

Diunggah pada : 5 Desember 2023 11:23:01 17
Latih Motorik, Pemprov Jatim-UPT RSBG Tuban Dinsos Jatim Ajak PM Bermain Peran

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (UPT RSBG) Dinas Sosial (Dinsos) Jatim melakukan kegiatan untuk penerima manfaat (PM) tunagrahita putra dan putri di lapangan asrama putra. Kegiatan diawali dengan melakukan stimulasi membuat stik pelangi sambil duduk santai. Para PM diarahkan untuk mewarnai stik es krim dengan menggunakan spidol hingga menghasilkan stik yang berwarna-warni.

Selanjutnya permainan dimulai dengan memasangkan dua orang PM berada dalam satu tali rafia. Mereka harus mengejar PM lain yang berpasangan dan mengambil ekor pita merah yang berada di masing-masing badan belakang PM. Setelah mendapatkan ekor pita merah, masing-masing PM bergantian dengan berpasangan mencari bola karun sebanyak-banyaknya yang ditempatkan di beberapa titik secara bergantian. 

Kepala UPT RSBG Tuban, Teguh Setyawan, melalui psikoanalis, Rizki Masykuriah, Selasa (5/12/2023) menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pendekatan psikologi dan perilaku pada PM yang bermasalah. Tujuannya, untuk membantu PM tersebut menguraikan hambatan dan permasalahannya melalui pengalihan dengan bermain peran mengejar ekor monyet dan bola karun, dengan diawali stimulasi mewarnai stik pelangi bersama yang menyenangkan.

"Kegiatan ini bertujuan antara lain untuk melatih motorik halus, melatih konsentrasi, melatih kerja sama, melatih interaksi sosial dan komunikasi, serta memotivasi PM agar semangat untuk melemahkan perilaku yang tidak normatif menjadi normatif," tuturnya. (her/s)

#dinsos jatim