Minggu, 19 Mei 2024

Kominfo Jatim Terima Kunjungan Mahasiswa Teknik Informatika UPN Veteran Jatim

Diunggah pada : 16 November 2023 16:50:02 43
Dinas Kominfo Jatim menerima Kunjungan Mahasiswa Teknik Informatika UPN Veteran Jatim, di kantor Dinas Kominfo Jatim, Kamis (16/11/2023). Foto: Yudhis/JNR

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kominfo Jatim) menerima kunjungan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPN Veteran Jatim), Kamis (16/11/2023).

Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Dinas Kominfo Jatim, Achmad Fadlil Chusni, hadir menyambut lebih kurang 60 orang dari Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika UPN Veteran Jatim tersebut.

PAda kesempatan itu, Kabid Fadlil menyampaikan teknologi informasi (TI) telah menjadi tulang punggung dari hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat. Untuk itu, penerapan pemahaman tentang TI merupakan hal penting.

Dinas Kominfo Jatim, lanjutnya, memiliki peran dalam mengelola dan memajukan TI di Jawa Timur. "Kami terus berkomitmen meningkatkan akses pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi atau TIK di masyarakat," tegas Fadlil.

Ia pun menyampaikan, Pemprov Jatim sudah melakukan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan berbagai pelayanan publik berbasis TIK.

"Ada Joss Gandos, LPSE untuk pengadaan barang dan jasa, dan lain-lain. Kami juga mengintegrasikan layanan-layanan yang ada di Pemprov Jatim dengan satu portal," kata Fadlil.

Sebagai ujung tombak Pemprov Jatim dalam upaya "melek" informasi, tutur Fadlil, Kominfo Jatim terbuka melakukan kerja sama dengan pihak universitas. Terutama tentang perangkat daerah menggunakan SPBE, audit TIK, audit aplikasi, audit jaringan, dan audit keamanan informasi.

"Kami juga terbuka dengan berbagai inisiatif proyek dan program untuk menghadirkan TI yang lebih inklusif di Jawa Timur. Jadi semoga pertemuan ini bisa menambah wawasan mendalam tentang pengaruh TI pada kehidupan sehari-hari dan pengambilan kebijakan pemerintah. Semoga Jatim terus maju, terus melaju," harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dosen Pendamping dari Program Studi Informatika UPN Veteran Jawa Timur, Firza Prima Aditiawan menyampaikan topik-topik skripsi mahasiswanya yang banyak berkaitan dengan cyber security. 

"Saya berharap dengan topik-topik skripsi tersebut, kemudian PKL, membuat adik-adik semakin berpengalaman di dunia kerja nanti. Kami juga menyambut baik jika ada kerja sama yang bisa dijalankan dengan Kominfo Jatim. Terima kasih kami telah diizinkan berkunjung ke sini," pungkasnya. (idc/s)

#kominfo jatim #teknologi informasi #teknik informatika #UPN Veteran Jatim