Jumat, 20 September 2024

Kisah Inspiratif Pustakawan UK Petra Surabaya yang Belajar ke Jerman

Diunggah pada : 12 Juli 2024 13:57:17 30
Chandra, pustakawan PCU berkesempatan mengikuti UNILEAD 2024. Foto : Humas UK Petra Surabaya

Jatim Newsroom - Seorang pustakawan dari Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya atau Petra Christian University (PCU) bernama Chandra Pratama Setiawan, menjadi salah satu yang mewakili Indonesia berkesempatan mengikuti DIES University Leadership and Management Training Programme (UNILEAD 2024) di Oldenburg, Germany. Ia akan kembali berangkat ke Jerman pada September mendatang mengikuti program tersebut.

Melalui pers rilis UK Petra Surabaya, pada Jumat (12/7/2024) dijelaskan bahwa program tersebut, diselenggarakan oleh The German Academic Exchange Service (DAAD), dengan University of Oldenburg sebagai tuan rumah. Sedangkan UNILEAD merupakan program international berupa short course bagi leaders dan managers di universitas. Dari Indonesia, hanya tiga universitas yang mendapat kesempatan serta beasiswa untuk mengikuti program ini, dan Chandra adalah salah satunya.

“Proses seleksinya cukup ketat. Beberapa persyaratan harus saya siapkan, mulai dari proposal project, essay, hingga penjelasan tentang relevansi antara project dengan pekerjaan,” jelas Chandra.

Lebih lanjut, Chandra yang diketahui juga Ranking Manager Task Force di PCU itu menerangkan, topik-topik yang dipelajari dalam short course UNILEAD 2024 yaitu Project Management, Strategic Management & Academic Leadership, dan Human Resource Management. Hasil akhirnya adalah development and innovative project yang akan diajukan untuk universitas masing-masing. Sementara itu, project yang dirancang oleh Chandra adalah Research Data Management.

Research Data Management ini wajib dimiliki oleh universitas, terutama yang aktif di bidang teaching (pengajaran) dan research (penelitian),” imbuhnya.

Pustakawan UK Petra yang menjabat sebagai Head of Collection Management and IT Division of PCU Library itu berharap, melalui ilmu yang didapat dari ikut short course di Jerman, PCU bisa menjadi kampus swasta nomor satu di Jawa Timur. "Menjadi kampus yang bisa punya sistem Research Data Management, supaya terus updated seperti kampus-kampus di negara maju," harap Chandra.

Chandra menuturkan, program UNILEAD 2024 ini bersifat sandwich (online offline), dengan dua kali contact phase yang mewajibkan peserta visit langsung ke Oldenburg, Germany.

Ia sudah menjalani tahap offline pertamanya, dan berkesempatan untuk belajar di University of Oldenburg selama 25 hari pada akhir Februari lalu, yang dibimbing langsung oleh tutor dari beberapa universitas ternama di Jerman. Tak sampai di situ saja, pada September mendatang, Chandra akan kembali berangkat ke Jerman untuk mengikuti tahap offline keduanya.

Setelah pitching tentang project-nya, Chandra pun mendapat courses tentang Strategic Communication, Leadership, Negotiation, dan ilmu lain yang bisa melengkapi perencanaan serta pelaksanaan project nantinya. Tak melulu teori, Ia juga belajar dalam bentuk praktik dari study cases.

Selain fully funded oleh penyelenggara UNILEAD 2024, Chandra mendapat full support dari PCU. Ia bersyukur mendapat kepercayaan dari PCU.

"Saya bersyukur sekali mendapat kepercayaan dan dukungan dari PCU untuk mengikuti program ini, mulai dari proses seleksi hingga proses belajar di Jerman. Ini membuktikan bahwa PCU sangat mendukung Petranesian (panggilan sayang bagi keluarga besar PCU) untuk berkembang, baik secara personal maupun profesional,” pungkas Chandra. (vin/hjr)

Chandra bersama delegasi dari negara lain di Oldenburg City Hall. Foto : Humas UK Petra Surabaya

#UK Petra Surabaya #Petra Christian University #PCU