Selasa, 30 April 2024

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan Optimis Capaian Imunisai 100%

Diunggah pada : 17 Januari 2024 15:34:52 10
Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsrom – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan, Ny Luhur Andriyanto, melakukan monitoring pada hari ketiga pelaksanaan Sub Pin (Pekan Imunisasi Nasional) Polio, yang dilakukan di Balai Desa Plinggisan, Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan, Rabu (17/01/2024) . Luhur Andriyanto optimis sasaran imunisasi 100% tercapai hingga hari terakhir imunisasi.

Di Balai Desa Plinggisan ini  total ada 216 anak usia 0-7 tahun 11 bulan 29 hari dan seluruhnya tuntas dalam satu hari. Ny Luhur Andriyanto melihat seluruh orang tua menginginkan anak-anaknya sehat dan terbebas dari polio. Hal itu dibuktikan dengan antusiasme para ibu  yang menemani anak-anaknya antri mendapatkan giliran imunisasi tetes yang seperti minum air, semuanya tidak ada yang  takut. 

Dengan semaraknya pelaksanaan Sub Pin Polio hingga hari ketiga pelaksanaan, istri Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto ini optimis capaian sasaran imunisasi 100% hingga hari terakhir imunisasi.

Untuk bisa mencapai 100%, Ny Luhur mengintruksikan seluruh Ketua TP PKK Kecamatan hingga desa/kelurahan agar menyampaikan informasi sub pin polio ke seluruh kader kesehatan, tokoh masyarakat hingga seluruh RT/RW. Bahkan, PKK juga harus jemput bola ke lembaga pendidikan dasar seperti PAUD, TK, RA, SD/MI agar seluruh orang tua menyadari betapa pentingnya imunisasi polio.

Termasuk untuk para ibu yang bekerja alias wanita karir, wajib mengimunisasikan anaknya agar terhindar dari polio. Puskesmas atau Posyandu maupun pos kesehatan terdekat terus melayani sampai sore.

Kabid P2P (pencegahan dan pengendalian penyakit) Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, dr Arif Junaedi mengatakan, Desa Plinggisan masuk wilayah kerja Puskesmas Ngempit. Dimana total ada 5.463 anak yang menjadi sasaran imunisasi, dan ditargetkan selesai dalam satu pekan.

Dijelaskan Arif, dalam imunisasi polio, setiap anak akan mendapatkan dua kali dosis. Yakni dosis pertama dengan dua kali tetes, dan dosis kedua dua tetes yang akan diberikan dalam jangka waktu 30 hari lagi. (yan/s)

 

 

 

 

#kabupaten pasuruan