Sabtu, 4 Mei 2024

Kerajinan Tangan Penerima Manfaat Lansia UTP PSTW Jember Berhasil Tembus Pasar Lokal

Diunggah pada : 4 Maret 2024 5:25:09 29
Paino, lansia berusia 75 tahun yang menjadi salah satu penerima manfaat (PM) binaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Jember Dinas Sosial (Dinsos) Jatim.

Jatim Newsroom - Usia senja bukan penghalang untuk berkarya. Itulah yang dibuktikan Paino, lansia berusia 75 tahun yang menjadi salah satu penerima manfaat (PM) binaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Jember Dinas Sosial (Dinsos) Jatim. 

Diketahui, Paino berhasil mendistribusikan hasil kerajinan tangannya ke pengusaha kerajinan. Berbagai peralatan dari anyaman bambu yang Paino buat, akhirnya bisa menembus penjualan di Pasar Puger Wetan Jember melalui pengusaha kerajinan. 

Sebelum itu, Paino kerap kali memanfaatkan keahliannya dalam menganyam untuk mengisi waktu luang di dalam panti. Dengan menggunakan bahan-bahan lokal dan teknik tradisional turun-temurun, Paino mampu menciptakan karya-karya yang fungsional sekaligus bernilai seni tinggi.

Dari situlah, pihak UPT menyadari bahwa keterampilan Paino bukan hanya sekadar hobi. Tetapi juga bisa sarana untuk memberdayakan dirinya sendiri dan lansia lain yang ada di UPT. Bagaimana tidak, kecakapan Paino ini langsung menjadi sumber inspirasi bagi rekan sebayanya di dalam panti. Ia mampu membuktikan bahwa di usia senja masih banyak potensi yang bisa dikembangkan. 

Melalui upaya kolaborasi dengan pengusaha kerajinan lokal dan bantuan dari beberapa lembaga. Pengrajin di berbagai desa di Kabupaten Jember telah menerima dengan antusias produk-produk buatan Paino. 

Kelapa UPT PSTW Jember Bagus Suprobo, Senin (4/3/2024)  mengungkapkan, apa yang dilakukan Paino tidak hanya membuahkan nilai ekonomi tambahan, tetapi juga bisa menjadi ajang untuk melestarikan warisan budaya dari keterampilan tradisional.

“Untuk mendukung inisiatif ini, UPT PSTW Jember selalu memberikan fasilitas dan dukungan penuh. Fasilitas yang disediakan meliputi alat dan bahan untuk membuat kerajinan tangan, serta lingkungan yang mendukung kegiatan kreatif lansia,” tambah Kepala UPT(her/s)

#dinsos jatim