Sabtu, 2 Maret 2024

Kepala UPT Pelatihan KUKM Jatim Tekankan Pentingnya Kualitas SDM

Diunggah pada : 28 November 2023 16:10:02 20
Pelatihan peningkatan SDM bidang teknologi informasi bagi UMKM di Sidoarjo. Sumber Foto: Diskop UKM Jatim

Jatim Newsroom – Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (KUKM Jatim), Erwin Indra Widjaja, mengatakan kualitas sumber daya manusia (SDM) di era revolusi industi 4.0 menjadi sangat krusial, termasuk untuk sebuah organisasi baik profit maupun nonprofit. 

Untuk itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia diperlukan agar memiliki kompetensi yang baik dalam pemanfaatan teknologi digital. Apalagi, SDM yang kompeten akan mewujudkan perusahaan yang cerdas (Smart Factories). 

Mengutip laman Diskop UKM Jatim (28/11/2023), berdasar hal tersebut, UPT Pelatihan KUKM Jatim melakukan pelatihan peningkatan SDM bidang teknologi informasi bagi UMKM di Sidoarjo. 

Ia menerangkan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar mengenai kewirausahaan, motivasi, strategi bersaing, dan strategi dalam memasarkan sebuah produk. 

“Hal itu semua dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi bagi wirausahawan pemula agar mereka bisa memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang sebegitu pesatnya. Ini penting untuk menunjang operasional usaha sehingga dapat membantu agar lebih baik lagi,” jelasnya. 

Erwin menerangkan, pada kegiatan ini 100 peserta dari Sidoarjo ini dilatih untuk memiliki mindset dan mental wirausaha yang tangguh, diberi keterampilan fotografi dan desain sederhana, serta keterampilan memanfaatkan media sosial dan juga marketplace yang sekarang sudah menjadi tren di kalangan pengusaha. 

"Apabila produknya sudah ada, lalu memiliki motivasi yang tinggi dan teknik pemasarannya tepat, insyaallah sukses berjualan,” ujar Erwin. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #teknologi informasi #pelatihan SDM