Minggu, 28 April 2024

Kecamatan Tutur Pasuruan, Jadi Daerah Penghasil Apel Paling Produktif di Jatim

Diunggah pada : 8 Januari 2024 16:21:21 106
Foto : ProKomPim Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan dikenal sebagai daerah penghasil apel paling produktif di Jawa Timur. 

Ada 3 varietas apel yang dibudidayakan, yakni Manalagi, Rome Beauty dan Anna yang ditanam di atas lahan seluas 784 hektar lebih. Masing-masing tersebar di areal perkebunan yang banyak dijumpai di beberapa Desa. Diantaranya di Desa Tutur, Wonosari, Gendro, Blarang, Pungging, Andonosari dan Kayukebek.

Dengan periode puncak masa panen Januari-Maret dan Juli-Agustus, setiap tahunnya para petani mampu memanen apel capai ribuan ton. Seperti halnya hasil panen yang terekap Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pasuruan hingga akhir tahun 2023 sebanyak 9.586 ton. Sehingga praktis, menjadikan kawasan perkebunan apel di Kecamatan Tutur sebagai daerah penghasil Apel terbesar di Jawa Timur.

Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian terus mendorong pengembangannya. Targetnya, meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen yang sudah pasti akan berdampak positif terhadap kesejahteraan petani dan masyarakat sekitarnya.

Seperti yang pernah diungkapkan oleh Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan, Andriyanto di berbagai kesempatan bahwa komoditas hortikultura merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Oleh karenanya, Andiyanto meminta kepada para petani di Kecamatan Tutur agar benar-benar mengoptimalkannya. Utamanya mereka para petani milenial program YESS (Youth Enterpreneurship and Employment Support Services) yang telah menerima Dana Hibah Kompetitif dari Pemerintah. (yan/s)

 

#kabupaten pasuruan