Kamis, 18 Juli 2024

Kajian Masjid Raya Islamic Center Jatim, Tekankan Peningkatan Ketaqwaan

Diunggah pada : 5 April 2023 20:10:08 102
Ustadz H. Misbahul Surur, LC, M.Fil saat memberi tausiyah jelang Berbuka uasa di masjid Raya Islamic Center Jawa Timur, Rabu (5/4/2023). Foto: audi JNR

Jatim Newsroom -  Masjid Raya Islamic Center Jawa Timur terus mengadakan kajian atau tausiyah setiap menjelang berbuka puasa di bulan Suci Ramadan 1444H. Kali ini, Rabu (5/4/2023), kajian diisi oleh Ustadz H. Misbahul Surur, LC, M.Fil, yang menyampaikan pentingnya meningkatkan ketaqwaan di bulan suci ramadan. Kajian juga disiarkan secara Live melalui platform Instagram akun official Pemerintah provinsi Jawa Timur (@jatimpemprov) dan Dinas Kominfo Jawa Timur (@kominfojatim)

Disampaikan bahwa hal yang peling penting dalam meningkatkan ketaqwaan adalah ada rasa takut kepada Allah SWT pada diri umat muslim. Hal demikian ini yang disebut oleh ulama Al Khaufi bahwa rasa takut ini dalam artian lebih takut kepada Allah dibadning dengan hal lainnya. Dengan demikian di tengah-tengah bulan ramadan ini umat muslim bisa semakin bermujahadah dan sungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah, termasuk bersungguh sungguh dalam memperoleh lailatul qodar.

"Rasa takut ini memengaruhi anggota badan sehingga umat muslim tertahan dari kemaksiatan. Mereka pun terikat dengan ketaatan untuk menebus apa yang telah terlewat dan mempersiapkan ma sa yang akan datang," ucapnya

Dalam pengaplikasiannya, antara lain juga dengan mensyukuri nikmat iman, yaitu dengan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan semangat mencari bekal untuk kebahagiaan dan kesuksesan di akhirat nanti.

"Semoga kita dapat beribadah dengan sungguh-sungguh di bulan suci ini, sehingga bisa mendapatkan malam lailatul qodar, dan bisa kembali bertemu di Ramadan berikutnya," tutur Ustadz Misbahul Surur.(sti)

#Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur #ramadan 1444 H