Sabtu, 20 Juli 2024

Kajian Masjid Raya Islamic Center Jatim, Ajak Bangun Sikap Sholeh Secara Istiqomah

Diunggah pada : 27 Maret 2023 20:25:52 129
Ustadz Zainal Abidin S.Ag. M.Fil (di mimbar) saat bertausiyah di Masjid Raya Islamic Center, Senin (27/3/2023). Foto : Wahyu / JNR

Jatim Newsroom – Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur aktif menggelar kajian atau tausiyah setiap harinya selama bulan Suci Ramadan 1444 H menjelang berbuka puasa. Seperti kali ini, pada Senin (27/3/2023) tausiyah diisi oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DWI) Kabupaten Gresik, Ustadz Zainal Abidin, S.Ag. M.Fil yang menyampaikan tentang membangun sikap sholeh ritual maupun sosial secara istiqomah.

Dalam tausiyahnya, Ustadz Zainal mengajak masyarakat agar belajar membangun sikap sholeh baik secara ritual maupun sosial dengan istiqomah.

“Menjadi orang sholeh itu ada prosesnya. Yakni dengan istiqomah membangun sikap sholeh yang ritual kepada Allah dan istiqomah membangun sikap sholeh sosial kepada sesama manusia,” jelasnya.

Kemudian, Ustadz Zainal mengambil contoh kisah tauladan dari seorang sahabat rasul yang bernama Sya’ban.

“Sahabat Sya’ban ini punya keistimewaan perilaku iman dan sosialnya. Yang sikap sholeh ritualnya berupa istiqomah beribadah ke masjid meski jarak rumahnya jauh, sedangkan sikap sholeh sosialnya adalah membantu sesama yang membutuhkan,” terangnya.

Dengan mengutip salah satu ayat Suci Al-Qur’an yakni Surat Fussilat Ayat 30, Ustadz Zainal menjelaskan tafsirnya yakni tentang surga yang telah dijanjikan Allah bagi orang-orang yang teguh pendirian dan kuat keimanannya.

“Merujuk dari Ayat 30 Surat Fussilat ini menjelaskan kalau ada orang yang seperti Sya’ban tadi itu yang sikap sholeh ritual dan sosialnya istiqomah. Maka, ketika menjelang ajal Allah mengutus malaikat untuk memberinya rasa tidak takut dan tidak sedih akan kematian,” tuturnya.

Ustadz Zainal menerangkan, di ayat tersebut Allah menjanjikan surga bagi mereka yang istiqomah beriman dengan sikap sholehnya.

“Seperti di akhir ayat tersebut disebutkan bahwa Allah menjanjikan surga bagi orang-orang beriman yang istiqomah membangun sikap sholeh baik ritual maupun sosialnya. Dengan demikian bagi mereka yang seperti itu meninggalnya dalam keadaan khusnul khotimah atau senang tidak ada kekhawatiran atau ketakutan lagi di akhir hayatnya,” pungkasnya. (vin/s)

#Ramadan #Masjid Raya Islamic Centre Jatim #ramadan 1444 H