Selasa, 7 Mei 2024

Kadisbudpar Kukuhkan Taruna Budaya Jawa Timur 2023

Diunggah pada : 20 Juni 2023 9:48:48 317
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Jatim, Hudiyono saat sambutan di Taruna Budaya Jatim 2023 di Ijen Suites Resort & Convention di Kota Malang, Senin (19/6/2023) Foto : Ghufron

Jatim Newsroom- Mendukung pelestarian tradisi dan pengembangan wisata daerah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Jatim, Hudiyono mengukuhkan Taruna Budaya Jatim 2023.

“Hari ini ya hari ini kita mengumpulkan Taruna Budaya dari beberapa kabupaten setiap Kabupaten dua orang. Para pemuda ini harapkan meneruskan estafet penguatan budaya di Jawa Timur,” kata Kadisbudpar pada Taruna Budaya Jatim 2023 di Ijen Suites Resort & Convention di Kota Malang, Senin (19/6/2023)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Disbudpar perlu melakukan langkah-langkah konkret untuk pengembangan dan pembinaan kelembagaan dan SDM kebudayaan di Jawa Timur. “Masa depan Kebudayaan Jawa Timur bergantung pada generasi muda, untuk itu perlu adanya peran aktif dan kontribusi generasi muda dalam pemajuan kebudayaan. Salah Satu upaya yang dapat kita lakukan adalah dengan mengadakan kegiatan taruna budaya seperti hari ini,” katanya.

Jawa Timur merupakan provinsi yang kaya potensi dan keragaman budaya. Seperti 7.105 objek pemajuan kebudayaan terdiri 598 tradisi lisan, 237 manuskrip, 631 Ritus, 645 adat istiadat, 1.214 pengetahuan tradisonal, 713 teknologi tradisional, 134 bahasa, 710 permainan rakyat, 305 olahraga tradisional, dan 1918 seni.

Selain Jatim juga memiliki 87 warisan budaya tak benda. Semua ini adalah potensi budaya yang terus dilestarikan bersama juga bisa dijadikan sebagai sarana meningkatkan kualitas diri untuk eksis di tengah problematika budaya yang kompleks saat ini. “Dengan adanya silahturahmi dan pelatihan untuk para kader - kader Taruna Budaya dan kelompok sadar wisata tahun 2023 ini, memiliki misi membentuk kader – kader muda yang dapat menjadi

penggerak, kontributor, dan partisipator dalam proses pemajuan kebudayaan dan desa wisata. Sehingga generasi muda sebagai tonggak penerus bangsa akan berperan besar dalam mempertahankan maupun menggali jati diri seni budaya dan pengingkatan kualitas desa wisata.

Dharapkan dari kegiatan ini akan lahir Taruna budaya yang memiliki pengetahuan dan wawasan mendalam mengenai kebudayaan dan pesona wisata serta kecapakapan dalam mengedukasi masyrakat sekitarnya, keahlian dalam menyusun program dan rencana aksi yang nyata dalam pemajuan kebudayaan Jawa timur. Sehingga dengan sendirinya akan memeberikan dampak pada regenarisasi dan revitalisasi budaya. “Jika hal ini terwujud maka ke depan akan terbentuk sebuah ekosistem kelembagaan budaya yang terdiri dari para Taruna Budaya, pemerintah dan masyarakat di semua kabupaten/kota di Jawa Timur,” harapnya. (hjr)

 

#Kadisbudpar Prov Jatim #Disbudpar Jatim #Taruna Budaya Jawa Timur