Sabtu, 4 Mei 2024

Kabupaten Blitar Launching Posyandu Kesehatan Bagi Pasien ODGJ

Diunggah pada : 5 Maret 2023 20:17:13 143
Foto: istimewa

Jatim Newsroom - Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, melalui Desa Kolomayan melaunching Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kesehatan Jiwa. Posyandu tersebut dikhususkan bagi pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Melansir berita Persada FM, Sabtu (5/3/2023), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr Christine Indrawati, mengungkapkan,  pelayanan Posyandu tersebut, sudah dipersiapkan petugas kesehatan, dokter, serta perawat yang membidangi pasien dengan gangguan jiwa. Ia juga menyebutkan, jika jumlah ODGJ yang menjadi binaan di Desa Kolomayan terdapat 36 orang.

dr. Christine Indrawati juga mengungkapkan jika di Kabupaten Blitar sudah ada tujuh Posyandu kesehatan jiwa yakni di Kecamatan Wonodadi, Srengat, Selopuro, Ponggok, Bacem dan dua tempat di Talun. Pihaknya menyebutkan, jika target dari Dinkes Blitar nantinya setiap Puskesmas mempunyai satu Posyandu jiwa.

Terakhir, dr. Christine menjelaskan jika setiap bulan akan ada pertemuan untuk pasien ODGJ. Dalam pertemuan tersebut akan diadakan berbagai kegiatan seperti pemeriksaan kegiatan, senam bersama, bernyanyi serta kegiatan produktif lainnya.(red)

#blitar