Sabtu, 4 Mei 2024

Isi Kegiatan Akhir Pekan, Penerima Manfaat Lansia di UPT PSTW Jember Tanam Bibit Kacang

Diunggah pada : 4 Maret 2024 5:21:42 15
Isi Kegiatan Akhir Pekan, Penerima Manfaat Lansia di UPT PSTW Jember Tanam Bibit Kacang

Jatim Newsroom - Demi meningkatkan produktivitas di akhir pekan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Jember Dinas Sosial (Dinsos) Jatim mengadakan bimbingan pertanian dengan melibatkan penerima manfaat (PM). Pada bimbingan pertanian kali ini, PM lansia diajak untuk ikut menanam bibit kacang. 

Tanaman kacang biasanya dikenal sebagai tanaman yang membutuhkan perawatan khusus agar menghasilkan panen yang berkualitas. Pemilihan tanaman ini bukan tanpa alasan. Melalui perawatan tanaman kacang, para PM dilatih kesabaran dan keuletannya. 

Bimbingan pertanian tersebut diberikan oleh instruktur pertanian didampingi Pekerja Sosial UPT PSTW Jember Siti Maisaroh. PM lansia diajarkan teknik-teknik perawatan, seperti penyiraman, pemupukan, pengendalian hama, dan pemangkasan yang tepat.

Apabila tanaman kacang sudah siap untuk dipanen, para PM akan diajak langsung oleh instruktur pertanian untuk memanennya. Hasil panen nantinya akan dijual. Kemudian, omset penjualan dibagikan kepada para PM sebagai apresiasi atas partisipasi dan kerja keras mereka dalam kegiatan pertanian.

Kegiatan ini merupakan bagian dari bimbingan yang rutin diberikan oleh UPT PSW Jember kepada PM. Tujuannya, untuk memberikan pengalaman dan keterampilan dalam merawat tanaman. 

Kepala UPT PSTW Jember, Bagus Suprobo,, melalui Kepala Seksi Bimbingan Sosial  Eni Tri Nuraini Senin (4/3/2024) menyampaikan kebanggaannya terhadap kegiatan ini. Karena, kegiatan ini juga memiliki tujuan sosial yang penting, yakni untuk mengisi waktu luang para lansia dengan kegiatan yang bermanfaat. 

“Sangat menggembirakan melihat semangat dan antusiasme para PM dalam kegiatan menanam tanaman ini. Saya harap mereka bisa merasakan manfaatnya berkebun, baik secara fisik maupun mental, sambil menjalin hubungan sosial yang erat dengan sesama PM,” tuturnya.(her/s)

#dinsos jatim