Selasa, 7 Mei 2024

Ikuti Peluang Bisnis, Diskop UKM Jatim Beri Pelatihan Pembuatan Dimsum

Diunggah pada : 11 November 2023 16:45:11 29
Diskop UKM Jatim menggelar pelatihan pembuatan produk Siomay Udang dan Shrimp nest. Sumber Foto: Diskop UKM Jatim

Jatim Newsroom - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) terus berupaya mendorong penguatan dan perkembangan usaha bagi KUKM terutama di wilayah Sidoarjo.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menggelar pelatihan pembuatan produk Siomay Udang dan Shrimp nest yang dihadiri oleh lebih kurang 60 orang peserta dari beberapa pelaku usaha dan perintis usaha dari Desa Sedati Gede Kabupaten Sidoarjo.

Mengutip laman resmi Diskop UKM Jatim (11/11/2023), pelatihan ini sebagai pengembangan wawasan untuk pengolahan dan pembuatan produk khususnya Siomay Udang dan Shrimp nest.

Kepala Diskop UKM Jatim, Andromeda Qomariah menyampaikan terkait pengembangan usaha yang harus selalu dilakukan oleh para pelaku KUKM agar dapat kompetitif di era persaingan usaha yang makin ketat.

“Ini menjadi pengembangan usaha bahkan menjadi salah satu usaha ibu-ibu di kemudian hari, karena saya percaya bahwa Ibu sekalian yang hadir memiliki potensi dan skill yang dapat dikembangkan menjadi usaha”, ujar Andromeda.

Ia menerangkan, salah satu produk yang menjadi potensi usaha karena banyaknya permintaan dan menjadi tren makanan pada saat ini, serta telah diverifikasi menjadi makanan terfavorit di dunia pada Bulan September lalu yakni dimsum.

Andromeda juga menyampaikan, Dimsum ini dapat menjadi peluang bisnis bagi peserta. Dimsum ini merupakan makanan yang banyak diminati oleh semua kalangan terutama pada kalangan millenial dan gen-z. Artinya dimsum ini dapat menjadi peluang bisnis yang sangat bagus, selain bahannya mudah ditemukan, pembuatan dimsum juga sangat simpel”, imbuhnya.

Workshop ini menghadirkan narasumber dari Gresik, yaitu Ririn selaku owner atau pemilik dari UD. Family Food, industri yang bergerak di bidang frozen food dimsum. Melalui workshop ini diharapkan peserta dapat menguatkan usaha yang telah dibangun serta mengembangkan potensi usaha, khususnya bagi peserta yang masih merintis dan ingin meningkatkan pertumbuhan usaha.

Dalam paparannya Ririn menyampaikan terdapat dua hal yang mendasari suatu usaha dapat berkembang pesat.

“Keahlian yang sudah dimiliki jangan dibiarkan berhenti di sini saja, karena pondasi dari berkembangnya sebuah usaha datang dari keahlian dan juga hobi”, ungkap Ririn.

Workshop ini tak hanya pemaparan teori, peserta yang hadir juga mendapatkan pengalaman praktik untuk pembuatan siomay udang dan shrimp nest, sehingga dapat lebih memahami teknik dan cara pengolahannya secara langsung. (idc/s)

#UMKM #Diskop UKM Jatim #dimsum