Kamis, 6 Oktober 2022

Gus Irsyad : Vaksinasi Sangat Penting untuk Kekebalan dan Tingkatkan Herd Immunity Sapi

Diunggah pada : 10 Agustus 2022 20:07:29 167
Bupati Irsyad Yusuf saat melakukan kunjungan ke Pusat Loka Penelitian (Lolit) Sapi Potong di Kecamatan Grati, Rabu (10/8/2022).

Jatim Newsroom - Vaksinasi sangat penting untuk kekebalan dan meningkatkan herd immunity Sapi dan hewan ternak lainnya.

Penegasan itu disampaikan Bupati Irsyad Yusuf pada saat melakukan kunjungan ke Pusat Loka Penelitian (Lolit) Sapi Potong di Kecamatan Grati,   Rabu (10/8/2022).

Bupati Irsyad meminta kepada masyarakat, khususnya peternak di Kabupaten Pasuruan agar melakukan vaksinasi terhadap Sapi atau hewan ternak lainnya. Utamanya bagi peternak yang sebelumnya tidak berkenan hewan ternaknya divaksin. Tujuannya adalah sebagai upaya preventif agar terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Saya harap, peternak tidak usah ragu untuk memvaksin hewan ternaknya. Ayo ikuti arahan Pemerintah. Sapi dan hewan ternak kita harus divaksin supaya terhindar dari PMK. Para peternak Sapi ternyata masih ada yang tidak berkenan kalau ternaknya divaksin. Padahal vaksinasi adalah benteng untuk sapi-sapi agar terhindar dari PMK,” ujar Bupati didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan, Diana Lukita Rahayu. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Ridwan Harris.

Gus Irsyad dalam kesempatan tersebut juga berdialog dengan Kepala Lolit Sapi Potong Grati, drh. Dicky M. Dikman. Dalam perbincangan di kandang lokasi pengembangbiakan sapi tersebut diperoleh data-data empiris menarik. Bahwa seluruh sapi Potong yang sudah divaksin ternyata lebih kuat sistem imunitasnya. Hal itu terpantau dari kondisinya yang sehat dan terbukti dapat terhindar dari PMK.

“Selama ini kami sudah lakukan vaksinasi hampir 100 persen dan tidak ada efek samping. Alhamdulillah semuanya sehat. Bahkan nafsu makan Sapi-Sapi di sini semakin meningkat,” ungkapnya drh. Dicky.

drh. Dicky juga memaparkan upaya pencegahan lain yang dilakukan bersama timnya di Lolit Sapi Grati untuk mengantisipasi penyebaran PMK. Diantaranya melalui pengetatan penerapan bio security atau mengurangi jumlah kunjungan tamu ke kandang di seluruh kandang Sapi.(yan)

 

 

 

 

 

#Bupati Pasuruan