Selasa, 7 Mei 2024

Galeri Diskop UKM Jatim Dikunjungi Tim Nasional Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Diunggah pada : 15 November 2023 11:33:54 50
Galeri UMKM Diskop UKM Jatim menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi Tim Nasional Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) untuk aspek pemberdayaan ekonomi masyarakat di Provinsi Jawa Timur. Foto: Aldick/JNR

Jatim Newsroom – Galeri UMKM Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi Tim Nasional Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) untuk aspek pemberdayaan ekonomi masyarakat di Provinsi Jawa Timur. 

Kepala Diskop UKM Jatim, Andromeda Qomariah, menerangkan Tim EPPD mengunjungi Gedung Galeri Batik dan Co Working Space KUKM Jawa Timur. Saat kunjungan, co working space sedang melaksanakan kegiatan untuk foto produk yang diikuti oleh 45 orang UMKM. Selain itu, juga ada kegiatan live shopping. 

Setelah itu, tim mengunjungi Gedung Galeri Cinderamata yang berada satu kompleks di lingkungan Diskop UKM Jatim. Gedung ini merupakan salah satu pusat oleh-oleh di Jawa Timur yang menyediakan aneka hasil olahan dari para UKM sekaligus produk dari One Product One Pesantren (OPOP) Jatim.

Peninjauan dilakukan dengan mengelilingi setiap sudut gedung dan bertanya kepada para pegawai yang bertugas mengenai spesifikasi dari masing-masing produk yang dipajang di etalase-etalase yang tersedia.

Di gedung ini pula, tim melihat secara langsung layanan-layanan yang disajikan Diskop UKM Jatim secara gratis kepada para pelaku KUMKM seperti pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi halal, merk, Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), fasilitasi akses pembiayaan, fasilitasi pemasaran, konsultasi hukum, dan beberapa layanan lainnya yang diberikan. 

Layanan ini untuk membantu para pelaku KUMKM di Jawa Timur agar lebih berdaya dan naik kelas yang pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional sesuai dengan target yang dicanangkan oleh Pemerintah.

“Tim EPPD juga mengunjungi galeri antrean pelayanan untuk konsultasi hukum, sertifikasi halal, maupun untuk layanan lain seperti desain kemasan. Tadi juga dilakukan beberapa wawancara dengan para pengunjung khususnya para penerima manfaat dari program Pemprov Jatim,” ujar Kadis Andromeda.

Analis Kebijakan Ahli Muda, Kementerian Dalam Negeri RI, Suhendro, menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi capaian-capaian yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Ia menggarisbawahi pelayanan kepada masyarakat harus nol biaya. “Harus zero biaya. Itu yang paling penting karena kasihan masyarakat sudah membayar pajak, melakukan yang terbaik,” jelasnya. 

Ia pun menerangkan pihaknya telah mewawancarai beberapa anggota dari koperasi dan UMKM yang ditemui sepanjang kunjungan. “Jadi untuk pelatihan, konsultasi hukum dan badan usaha sama sekali tidak ada biaya. Salut. Ini yang kami cari sebetulnya. Jangan sampai ada pungutan-pungutan. Terima kasih Provinsi Jawa Timur,” tegasnya. 

Sebagai informasi, Tim Nasional EPPD telah tuntas melakukan peninjauan langsung penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha di Provinsi Jawa Timur. Tim EPPD kembali ke Jakarta, hari ini, Rabu (15/11/2023). 

Suhendro menyampaikan tujuan kedatangannya ke Jawa Timur beserta rombongan lebih kurang 10 orang adalah untuk memastikan bahwa penghargaan yang akan diterima oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur sesuai dengan yang ada di lapangan. 

“Jadi tidak hanya sebatas kami mendapat laporan, tapi juga harus bisa membuktikan bahwa itu sesuai dengan yang ada di lapangan. Itu tujuan kami ke sini, untuk memverifikasi, memvalidasi langsung kepada masyarakat yang mendapatkan pelayanan, bukan hanya ke Pemerintah Daerah,” kata pria yang juga menjabat Subkoordinator pada Seksi Wilayah II Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Daerah Direktorat Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI ini.

Selama di Surabaya, Tim EPPD telah beraudiensi dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Kemudian kunjungan lapangan aspek kesehatan ke RSUD dr. Soetomo dan kunjungan lapangan aspek perlindungan perempuan dan anak ke UPT Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur. 

Sementara itu, di Sidoarjo Tim EPPD fokus mengunjungi tiga titik lokasi. Pertama, kunjungan lapangan aspek pelayanan publik ke Samsat Sidoarjo. Kedua, kunjungan lapangan aspek pendidikan ke SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Ketiga, kunjungan lapangan aspek pemberdayaan ekonomi masyarakat ke Galeri UMKM Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha. #Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah