Minggu, 28 April 2024

Fasilitas Kesehatan Khusus Anak Akan Dibangun Oleh Pemkab Pasuruan

Diunggah pada : 5 Januari 2024 9:52:58 25
Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Fasilitas kesehatan khusus anak direncanakan akan dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan di RSUD Bangil pada tahun 2024 ini.

Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto, mengatakan, anggaran sebesar Rp 10 miliar telah disiapkan untuk membangun seluruh sarana prasarana plus instalasi pendukung di fasilitas tersebut. 

Dalam rilisnya hari ini, Jum'at (5/1/2024), untuk mempercepat proses pembangunannya, saat ini lelang sudah mulai dilakukan dan diharapkan bisa dilakukan di awal tahun. "Khawatir penyerapan anggaran kalau di akhir tahun sepertinya kurang elok," ujarnya.

Direktur RSUD Bangil, dr Arma Roosalina membenarkan hal tersebut. Menurutnya, hingga saat ini, RSUD Bangil belum memiliki fasilitas kesehatan khusus anak yang terintegrasi dalam satu bangunan besar. Pasien anak masih campur dengan pasien dewasa dan hal tersebut dirasa tidak sesuai dengan kebutuhan anak. 

"Pasien anak masih campur dengan kelas III Dewasa. Kami juga belum memiliki ICU anak sehingga apabila ada fasilitas khusus anak, maka ini adalah semua kemajuan yang luar biasa. Dengan dibangunnya fasilitas kesehatan khusus anak, maka muaranya adalah peningkatan Angka Harapan Hidup (AHH) di Kabupaten Pasuruan,"ucapnya.

"Rencananya fasilitas tersebut akan dibangun di Ruang Instalasi Farmasi. Sedangkan instalasi farmasi akan dipindah ke bagian belakang dan langsung terintegrasi dengan gudang farmasi. Jadi seperti one way service. Yang biasanya jadi tempat penyimpanan obat dan administrasi, maka kita jadikan tempat pelayanan anak terpadu. Ada HCU, ICU khusus anak, ruang perawatan anak kelas III dan ruang perawatan anak VIP," ujarnya. (yan/s)

 

#kabupaten pasuruan