Kamis, 2 Mei 2024

Distra di UPT RSBN Jalani Orientasi Mobilitas

Diunggah pada : 15 Februari 2023 9:35:13 42
Pentingnya Mengenal lingkungan sekitar bagi Distra, UPT RSBN Malang berikan PM belajar Orientasi Mobilitas (OM)

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra Malang (UPT RSBN) Malang Dinas Sosial (Dinsos) Jatim memberikan bimbingan keterampilan Orientasi Mobilitas (OM) kepada para penerima manfaat (PM) disabilitas netra (distra), Rabu, (15/2/2023).

Keterbatasan tidak menjadi halangan bagi para penerima manfaat (PM) disabilitas netra (distra) untuk mengenal lingkungan. Hal ini dilihat dari antusiasme PM dalam mengikuti bimbingan keterampilan OM yang dilaksanakan di luar lingkungan UPT RSBN Malang.

"Orientasi Mobilitas (OM) ini adalah keterampilan khusus individu dengan disabilitas netra untuk mengenali lingkungan di sekitarnya, sehingga PM dapat secara mandiri berpindah dari satu tempat ke tempat tujuannya," ujar Instruktur OM, Lasiono.

Lebih lanjut dikatakan Lasiono, bimbingan OM ini sangat bagus karena memiliki potensi kebermanfaatan di kedua belah pihak. Potensi kebermanfaatan yang pertama untuk PM Distra, mereka dapat mengenal lebih jauh lingkungan UPT RSBN Malang.

"Potensi kebermanfaatan yang kedua dalam hal ini adalah pendamping, mereka akan lebih luwes, lebih mengenal, dan lebih menguasai keterampilan–keterampilan pendampingan untuk distra," terangnya.

Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, melalui Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial (Rehsos) Anantya Wulandari, mengatakan, bimbingan OM tersebut menggunakan dua teknik, yaitu teknik pendamping awas dan teknik tongkat. Teknik pendamping awas, PM berjalan dengan didampingi pendamping, sedangkan teknik tongkat, PM berjalan sendiri menggunakan tongkat.

Selain itu diajarkan juga bagaimana menghindari hambatan, menyeberang jalan hingga menemukan tanda pada gedung atau jalan yang menjadi tujuan.

Orientasi dan Mobilitas diantaranya mempelajari bagaimana tunanetra mengetahui tempat dan arah serta bagaimana menggunakan tongkat putih (tongkat khusus tunanetra yang terbuat dari alumunium) dengan garis merah disamping, imbuhnya.

"Diharapkan para PM mampu lebih mandiri, mampu untuk membentuk karakter, mental, serta interaksi sosial" tutupnya.(her/s)

#dinsos jatim