Rabu, 17 Juli 2024

Diskop UKM Jatim Upayakan KUKM Dekat dengan Teknologi Digital dan Media Sosial

Diunggah pada : 8 Desember 2023 11:45:37 27
Workshop Penguatan Usaha KUKM Manajerial dan IT Entrepreneur Diskop UKM Jatim, di Sidoarjo. Sumber Foto: Diskop UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) berupaya mengakrabkan para pelaku KUKM pada teknologi digital dan media sosial. Pasalnya, media ini kerap membentuk suatu tren dalam mempromosikan usaha maupun produk untuk menjangkau milenial dan gen-Z. 

Mengutip laman Diskop UKM Jatim, Jumat (8/12/2023), Workshop Penguatan Usaha KUKM Manajerial dan IT Entrepreneur yang fokus pada pembuatan konten pun digelar di Surabaya. Hadir lebih kurang 100 pelaku KUKM dalam kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan ini. Khususnya, dalam pelatihan manajerial pembuatan konten instagram, facebook, dan tiktok untuk mempromosikan usaha.

Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha, Diskop UKM Jatim, Susanti Widyastuti menyampaikan, perangkat handphone saat ini sudah seperti kebutuhan primer bagi manusia modern, karena semuanya bisa dikendalikan melalui handphone. 

“Saat ini tidak mungkin Bapak/Ibu yang hadir tidak membawa handphone. Artinya teknologi informasi sudah sangat berkembang,” ungkapnya.

Susi menambahkan terkait peluang pemanfaatan teknologi informasi pada pengembangan usaha para pelaku KUKM. “Ketika Bapak/Ibu memiliki produk dan tidak berusaha untuk bersahabat dengan kondisi saat ini, maka akan tertinggal oleh zaman yang selalu berkembang, sehingga penting sekali bagi para pelaku usaha saat ini untuk dapat membaca dan menangkap peluang digital yang sedang menjadi tren saat ini,” imbuh Susi.

Melalui workshop ini, lanjutnya, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi peserta sebagai wirausahawan serta memberdayakan KUKM sebagai garda terdepan ekonomi di Provinsi Jawa Timur. Selain itu diupayakan agar KUKM dapat melek digital dan dapat bersaing di pasar global terutama pada bidang digital. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #media sosial #KUKM #pelaku usaha