Senin, 24 Juni 2024

Diskop-UKM Jatim Tingkatkan Kapasitas Kewirausahaan Pelajar dan Mahasiswa

Diunggah pada : 26 Mei 2023 14:24:53 65
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) menggelar Rapat Peningkatan Kapasitas Kewirausahaan. Kegiatan ini diadakan sebagai upaya meningkatkan keterampilan berwirausaha bagi wirausaha pemula di Jawa Timur. 

Sebanyak lebih kurang 30 peserta yang terdiri dari kalangan pelajar dan mahasiswa hadir memenuhi ruang rapat Aria Wiriaatmadja Diskop-UKM Jatim, Kamis (25/5/2023). Peserta tersebut berasal dari unsur Dosen/Guru dan Mahasiswa/Pelajar dari Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Universitas PGRI Adibuana, Universitas Surabaya, SMKN 10 Surabaya, dan SMK Senopati Sidoarjo.

Analis Kebijakan Ahli Muda Diskop-UKM Jatim, Anjik Sudiyantoro, mengungkapkan, dengan bonus demografi yang didominasi generasi muda serta data dari Forum Ekonomi Indonesia, penduduk Indonesia termasuk peringkat ke-6 dalam kemampuan adaptasi digital. Hal ini diyakini sebagai modal besar dan alasan kuat bagi pemerintah untuk terus mengembangkan program yang mendukung ekosistem kewirausahaan muda terlebih di era digital.

“Kami berharap kegiatan ini memberikan dampak bagi perkembangan rasio kewirausahaan khususnya di Jawa Timur. Kami juga berharap akan makin banyak kalangan muda yang memiliki minat untuk membuka usahanya sendiri,” ucap Anjik seperti dipublikasikan di laman resmi Diskop-UKM Jatim. 

Memasuki sesi materi, Dosen dari Universitas Surabaya, Ria Sandra Alimbudiono berusaha menumbuhkan mindset kreatif para pelajar dan mahasiswa yang hadir melalui topik pemanfaatan peluang berwirausaha di era industri digital. 

Dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomika ini menyebut di era digital sekarang, definisi sukses bukanlah soal kerja keras secara fisik lagi, namun soal bagaimana kita menggunakan otak atau kerja cerdas.  “Jadi jika kalian melihat ada suatu masalah, maka pikirkanlah peluang di belakangnya. Dengan begitu kalian baru bisa sukses. Itulah tadi yang dinamakan dengan kerja cerdas atau kreatif,” jelasnya.

Selanjutnya Owner Platform Teknologi Pendidikan berkreasi.net, Ali Ishaq menyampaikan materi dengan topik Membangun Usaha Potensial di Era Artificial Intellegence, Ali mengajak para peserta untuk belajar sekaligus praktik secara langsung mengenai potensi bisnis yang bisa dimanfaatkan dari teknologi gratis yang tersedia saat ini. 

Selain itu, Ali juga berpesan untuk tidak perlu takut untuk mendirikan usaha sendiri sejak dini sebab terdapat banyak bantuan pemerintah yang disediakan untuk mendukung para wirausahawan muda. “Selama kalian bisa memberi solusi untuk persoalan, pemerintah pasti akan mendukung. Karena itu, jika kalian ada yang punya inisiatif berusaha di bidang kreatif maka bangunlah,” tuturnya. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #wirausaha #digital #kewirausahaan