Selasa, 23 April 2024

Diskop UKM Jatim Terima Kunjungan Politeknik Negeri Semarang

Diunggah pada : 7 Februari 2024 16:03:34 13
Kunjungan Politeknik Negeri Semarang ke kantor Diskop UKM Jatim. Sumber Foto: Diskop UKM Jatim

Jatim Newsroom - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) menerima kunjungan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dari lebih kurang 50 mahasiwa Politeknik Negeri Semarang jurusan Administrasi Bisnis. Rombongan mahasiswa yang dipimpin oleh dua dosen pendamping ini disambut oleh Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian Diskop UKM Jatim, Fathan Syarif Purnama di Gedung Klinik KUKM Diskop UKM Jatim.

Mengutip laman Diskop UKM Jatim (7/2/2024), Fathan menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan dari Semarang dan berharap dengan kegiatan KKL ini dapat menjalin kerja sama dan memberikan pengetahuan serta wawasan kepada para mahasiswa khususnya terkait Koperasi dan UKM di Jawa Timur.

Fathan memberikan materi tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Koperasi dan UKM di Jawa Timur serta berbagai peluang dan tantangan yang dihadapi oleh koperasi dan UKM, seperti pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang cukup pesat sehingga menjadi peluang sekaligus tantangan bagi seluruh pelaku usaha.

Selain itu tantangan yang dihadapi pada berbagai produk Koperasi dan UMKM di Era Globalisasi yakni pada packaging produk, size, aesthetic, human resource, standarisasi, teknologi produksi, dan pasar global. Berbagai tantangan tersebut dijawab oleh Diskop UKM Jatim dengan memberikan berbagai program pemberdayaan dan pembinaan kepada para pegiat Koperasi dan UMKM yang ada di Jawa Timur.

Program dan pemberdayaan yang dilakukan oleh Diskop UKM Jatim di antaranya adalah Kampus UMKM Shopee, Milenial Job Center, Rumah Kurasi, KUKM co-working space, Platform Pelatihan untuk pelaku koperasi UMKM “SI JAWARA+”, EKO-TREN OPOP JATIM, Communal Branding dan berbagai program lainnya.

“Selain pemberdayaan, kami juga memberikan fasilitas pemasaran produk melalui Galeri UKM Jawa Timur, pemberian fasilitas Sertifikasi Halal, fasilitasi pembuatan desain kemasan produk UMKM, pendaftaran merek, dan sertifikasi uji lab. Fasilitas tersebut diberikan dengan tujuan untuk meningkatan stadardisasi dan kualitas produk UMKM di Jawa Timur”, ungkap Fathan.

Di bidang koperasi, Diskop UKM Jatim melakukan berbagai pemberdayaan, sosialisasi, dan pengawasan kepada kurang lebih 1040 koperasi binaan Diskop UKM Jatim yang ada di Jawa Timur.

Dalam kesempatan yang sama, Dosen pendamping sekaligus pimpinan rombongan Politeknik Negeri Semarang, Sri Eka Sadriatwati mengucapkan terima kasih atas sambutan dan kesempatan yang diberikan untuk melakukan kunjungan KKL di lingkungan Diskop UKM Jatim.

Sri juga menjelaskan kegiatan kunjungan ini merupakan program untuk sinkronisasi antara teori yang didapatkan di bangku kuliah dengan kondisi sebenarnya di lapangan. Ia berharap dengan kunjungan KKL ini, Politeknik Negeri Semarang dapat menjalin kerja sama dengan Diskop UKM Jatim di berbagai bidang.

“Kami berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa-mahasiswi kami, juga memberikan wawasan bagi kami para dosen untuk memberikan gambaran pembelajaran tentang dunia usaha dan manajemen di berbagai mata kuliah yang ada di jurusan kami. Kami juga berharap bisa menjalin kerja sama dengan Diskop UKM Jatim, salah satunya adalah program magang mahasiswa,” ujarnya. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #kunjungan mahasiswa #Politeknik Negeri Semarang