Rabu, 1 Mei 2024

Diskop UKM Jatim Gelar Workshop tentang Pembuatan Strudel Buah

Diunggah pada : 19 Januari 2024 12:27:38 6
Workshop Pembuatan Strudel Buah di Diskop UKM Jatim. Sumber Foto: Diskop UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) menyelenggarakan workshop Sinergitas Penguatan Usaha KUKM Pembuatan Produk (Strudel Buah) bagi lebih kurang 50 masyarakat di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya. 

Mengutip laman Diskop UKM Jatim (19/1/2024), kegiatan ini dilaksanakan agar peserta dapat membuat produk strudel sendiri. Selain itu, peserta juga dapat mengekspresikan ide-ide kreatif serta berinovasi dalam mengembangkan usaha.

Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha Diskop UKM Jatim, Susanti Widyastuti menyampaikan, Diskop UKM Jatim berupaya untuk terus meningkatkan kapasitas UKM agar semakin kreatif dan naik kelas serta adanya UKM baru yang tumbuh di Sidoarjo. 

“Diharapkan dengan workshop pembuatan strudel buah ini dapat memberikan wacana baru untuk UMKM di Sidoarjo dan bisa jadi produk oleh-oleh dari Sidoarjo ini semakin meningkat nilai jualnya,” ujar Susanti.

Hadir sebagai narasumber yaitu Endang Tri Pujiastuti yang mengatakan strudel merupakan salah satu makanan yang banyak diminati oleh masyarakat luas. “Strudel buah memiliki berbagai isi sesuai dengan keinginan pembuat dan wilayah masing masing. Di Sidoarjo sendiri salah satu buah yang mudah ditemui adalah pisang, maka dari itu kita akan membuat strudel isi pisang yang enak dan bernilai jual tinggi”, ungkap Endang.

Peserta pada workshop ini dibagi menjadi 3 kelompok yang masing masing kelompok akan membuat strudel buah. Selanjutnya Endang mendemokan cara pembuatan strudel dimulai dengan pembuatan adonan pastry, pengisian adonan dengan buah pisang dan isian lainnya hingga proses oven. Adonan pastry yang dibuat juga dapat dimanfaatkan sebagai adonan pembuatan cromboloni yang merupakan salah satu pastry yang sedang viral saat ini. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #strudel buah