Rabu, 1 Mei 2024

Diskop UKM Jatim Gelar Workshop Membuat Produk Hantaran Pernikahan

Diunggah pada : 11 Desember 2023 19:44:37 30
Workshop Membuat Hantaran Pernikahan. Sumber Foto: Diskop UKM Jatim

Jatim Newsroom - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) menyelenggakan workshop Pembuatan Produk Hantaran Pernikahan bagi masyarakat wilayah Surabaya.

Mengutip laman Diskop UKM Jatim (11/12/2023), Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha, Diskop UKM Jatim, Susanti Widyastuti mengatakan, workshop ini dilakukan agar para pelaku UMKM bisa mengekspresikan ide-ide kreatif secara spontan sesuai dengan nilai seni dari dalam diri sendiri serta dapat berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan usaha.

"Produk hantaran saat ini banyak diminati oleh kalangan muda yang akan melanjutkan ke jenjang pernikahan dan ini merupakan peluang besar dalam hal bisnis," ujar Susanti.

Siti Nurhidayah yang hadir sebagai narasumber mengatakan, hantaran pernikahan pada dasarnya merupakan barang yang selalu ada di setiap pernikahan dengan beragam bentuk dan desainnya.

“Hantaran pernikahan menjadi bentuk tradisi di Indonesia yang di dalamnya terdapat kumpulan barang-barang yang akan diberikan oleh pihak pria kepada pihak wanita sebagai simbol cinta dan komitmen sebuah hubungan," terangnya.

Hantaran pernikahan pada umumnya berupa perhiasan, perlengkapan alat, peralatan rumah tangga, dll. Hantaran merupakan buah tangan untuk 'pengetuk pintu' saat calon pengantin pria dan keluarganya mengunjungi calon mempelai wanita atau sebaliknya. Sementara itu, seserahan juga bisa diartikan sebagai peningset atau tanda pengikat hati antara kedua pihak keluarga.

Hantaran Pernikahan yang didemokan dalam kesempatan ini menggunakan hantaran batik yang merupakan salah satu ikon dari Provinsi Jawa Timur. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #hantaran pernikahan