Minggu, 21 Juli 2024

Diskop UKM Jatim: Ecoprint Ramah Lingkungan dan Bernilai Jual Tinggi

Diunggah pada : 29 November 2023 17:13:03 76
Sumber Foto: Istimewa

Jatim Newsroom - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) berupaya meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para pelaku koperasi dan UKM di Jawa Timur mengenai pengolahan produk ecoprint. Pasalnya, ecoprint adalah komoditas ramah lingkungan dan bernilai jual tinggi. 

Mengutip laman Diskop UKM Jatim (29/11/2023), Analis Kebijakan Ahli Muda Diskop UKM Jatim, Dwi Setyawati, mengatakan, pelatihan ecoprint dibutuhkan untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan, keahlian serta pengetahuan mengembangkan dunia wirausaha dalam menciptakan inovasi produk ecoprint yang ramah lingkungan. 

“60 peserta yang hadir ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas pembuatan berbagai motif produk dengan mengoptimalkan penggunaan bahan baku alam atau dedaunan,” katanya. 

Selanjutnya, kegiatan ini diarahkan untuk memotivasi peserta supaya terus belajar meningkatkan keahlian dan keterampilan dalam menghadapi berbagai perubahan. Serta, dapat melakukan diversifikasi terhadap usaha maupun produk yang sudah diciptakan.

"Belakangan ini masyarakat sangat menyukai produk-produk yang berbau estetik dan elegan. Oleh karena itu produk ecoprint banyak dijual oleh para UKM mulai dengan harga tinggi hingga harga rendah tergantung dengan tingkat kualitasnya," terangnya. 

Motif ecoprint, lanjut Dwi, tidak kalah keindahannya dengan produk batik karena ecoprint memiliki motif yang berbeda. Ecoprint merupakan salah satu kerajinan yang pembuatannya memanfaatkan metode pewarna dari tanin atau zat hijau daun, akar, dan batang yang diletakkan pada selembar kain yang sudah diproses melalui perebusan.

"Dalam dunia fashion, produk ecoprint tentunya sangat akrab ditemui. Oleh karena itu, ecoprint mempunyai keunggulan dalam dunia bisnis," jelasnya. 

Pelatihan ecoprint ini menghadirkan narasumber yang berasal dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Prestasi Bojonegoro yaitu Siti Nur Hidayah. Pelatihan ini juga merupakan bagian dari program Kerja Diskop UKM Jatim yang bersinergi dengan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur. (idc/s)

#UMKM #Diskop UKM Jatim #ecoprint