Kamis, 2 Mei 2024

Diskop UKM Jatim Dukung Program Wirausaha Merdeka ITS

Diunggah pada : 8 Desember 2023 11:28:59 20
Demoday Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Flagship – Wirausaha Merdeka ITS Surabaya 2023. Sumber Foto: Diskop UKM Jatim

Jatim Nesroom – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim), Andromeda Qomariah menghadiri Demoday Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Flagship – Wirausaha Merdeka Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya 2023. 

Mengutip laman instagram @diskopukm.jatim, Jumat (8/12/2023), Kadis Andromeda mengatakan program Wirausaha Merdeka merupakan sebuah bentuk manifestasi dari program pengembangan kewirausahaan nasional yang mendapatkan dukungan penuh dari seluruh kementerian dan kelembagaan. 

“Usaha yang inovatif dan produktif tidak harus produk/jasa yang bertumpu pada disrupsi digitalisasi, namun juga usaha inovatif yang dapat menyelesaikan permasalahan customer maupun memberikan pilihan yang sebelumnya belum pernah ada dan memiliki nilai ekonomi yang dikembangkan,” ujarnya. 

Kadis Andromeda pun menegaskan, pembinaan paripurna terhadap wirausaha merdeka melalui perguruan tinggi dan fasilitasi pengembangan usaha melalui fasilitasi pemerintah pusat daerah perlu digalakkan. Sinergi dan kolaborasi menjadi kunci untuk mewujudkan program ini.

Mengutip laman Pusat Informasi Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

Program Wirausaha Merdeka berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi Pelaksana Program mengembangkan pembelajaran wirausaha yang mampu mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #pendidikan #merdeka belajar #Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka #wirausaha merdeka