Kamis, 2 Mei 2024

Diskop UKM Jatim Beri Pelatihan Kerajinan Pelepah Pisang

Diunggah pada : 21 November 2023 16:23:24 23
Diskop UKM Jatim menggelar pelatihan "Kerajinan Pelepah Pisang” di Sidoarjo. Sumber Foto: Diskop UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) berupaya mendorong pelaku UKM menjadi usahawan yang berkualitas dan berdaya saing. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan menyelenggarakan pelatihan "Kerajinan Pelepah Pisang” di Sidoarjo. 

Mengutip laman Diskop UKM Jatim, Selasa (21/11/2023), Sekretaris Diskop UKM Jatim, Veronica Ratih Murwani menjelaskan kerajinan pelepah pisang bisa menjadi sumber pendapatan baru. "Barang yang tidak bernilai sekarang bisa dimanfaatkan, bisa dijadikan barang yang bernilai dan menghasilkan uang untuk menambah pendapatan,” ujar Ratih.

Ia mengharapkan kegiatan ini bisa membawa berkah dan manfaat bagi 60 peserta yang hadir. "Mudah-mudahan melalui workshop ini dapat merangsang ide Bapak/Ibu peserta untuk menciptakan wirausaha yang dapat meningkatkan perekonomian Bapak/Ibu semuanya,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Analis Bimbingan Usaha, Diskop UKM Jatim, Dali Arfian menerangkan tujuan pelaksanaan workshop ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pelaku usaha guna mengembangkan usaha; memberikan motivasi dan optimalisasi pemberdayaan sumber daya manusia; serta meningkatkan sikap, kemampuan, keahlian dan pengetahuan guna mengembangkan dunia wirausaha.

Perlu diketahui, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, Kabupaten Sidoarjo menghasilkan 20.136 kuintal pisang, itu untuk buahnya saja. Sementara yang dipelajari dalam pelatihan ini adalah pelepah pisang yang mungkin selama ini tidak dimanfaatkan. 

Pemanfaatan ini diharapkan dapat menambah nilai ekonomi, apalagi jika kerajinan yang dibuat terdapat aksen seni yang artistik atau keunikan yang tersendiri. Tentu, hal diharapkan dapat meningkatkan nilai jual produk kerajinan pelepah pisang ini yang pada akhirnya dapat membuka peluang bisnis serta menjadi sumber usaha potensial bagi para pengrajin dengan daya kreativitas tinggi. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #UKM #Kerajinan Pelepah Pisang