Jumat, 3 Mei 2024

Dinsos Jatim Terus Beri Layanan Psikososial Korban Lahar Dingin Lumajang

Diunggah pada : 12 Juli 2023 10:34:43 69
UPT RSBD Pasuruan Dinsos Jatim Laksanakan LDP Pasca Bencana Banjir di Lumajang

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi terus memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) kepada korban banjir lahar dingin di Lumajang. Kali ini melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (UPT RSBD) Pasuruan Dinas Sosial Jatim, LDP diberikan kepada warga Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro, Kab. Lumajang.

Di wilayah tersebut tercatat jumlah pengungsi di Kantor Desa Tumpeng sebanyak 388 orang, dengan rincian 192 orang dewasa, 104 lansia, 29 anak-anak, 15 balita, 42 remaja, dan 6 bayi.

Pekerja Sosial (Peksos) Ahli Pertama, Luthfihana Rahmawati, dan Peksos Terampil, Ayu Dini Wijayanti, melakukan asesmen terkait kebutuhan beberapa pengungsi, terutama pada lansia, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Setelah dilakukan asesmen diketahui beberapa bantuan yang telah didapatkan. Antara lain, alas tidur, selimut, makanan, alat mandi, dan obat-obatan. Kebutuhan yang belum terpenuhi adalah salah satunya pakaian untuk ganti, karena ketika kejadian banyak pengungsi yang tidak sempat mempersiapkan baju.

Kepala UPT RSBD Pasuruan, Sri Marnani Indriastuti, Rabu (12/7/2023) menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai respons cepat dari tim UPT RSBD Pasuruan yang merupakan unit kerja dari Dinsos Provinsi Jatim atas kejadian banjir bandang di wilayah Kabupaten Lumajang.

"Kami menghibur dan memberikan LDP bagi anak-anak penyintas bencana supaya mereka senang, serta bisa melupakan rasa takut dan rasa cemas yang mereka alami,” kata Sri Marnani Indriastuti  usai menghibur anak-anak di Posko Desa Tumpeng.(her/s)

#dinsos jatim