Sabtu, 4 Mei 2024

Dinsos Jatim Kerahkan Pilar Sosila di 5 Kabupaten Terdampak Bencana

Diunggah pada : 3 Juli 2023 9:32:10 31
Tagana selalu hadir sesuai dengan tagline-nya, “TTM Plus (Tagana Teman Masyarakat Perlindungan untuk Semua)

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Sosial mengerahkan pilar sosial Tagana untuk bakti sosial (baksos) serentak di lima kabupaten terdampak bencana, pada Minggu (2/7/2023).

Kepala Dinsos Jatim, Restu Novi Widiani, menyampaikan, Tagana selalu hadir sesuai dengan tagline-nya : Tagana Teman Masyarakat Perlindungan untuk Semua (TTM Plus).

“Pada hari kejadian Tagana melaporkan kejadian di daerah masing-masing. Hari ini, Minggu (2/7/2023), Tagana secara serempak menyebar di lima kabupaten terdampak melakukan baksos untuk membantu masyarakat membersihkan puing-puing dampak gempa, memperbaiki yang masih bisa diperbaiki, dan sekaligus memberikan layanan dukungan psikososial (LDP),” tegas Novi, Senin (3/7/2023).

Dia melanjutkan, kegiatan ini dipandu oleh Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Tagana Jatim sekaligus Koordinator FK Tagana Jatim, Twi Adi. Selain Tagana, Dinsos Jatim juga mengerahkan tim Jatim Social Care (JSC) Unit Pelaksana Teknis (UPT) serta relawan Pelopor Perdamaian (Pordam) dan Kampung Siaga Bencana (KSB).

“Kami pastikan semua masyarakat yang terdampak dapat tersapa,” tandas Novi.

Sementara itu, Twi Adi menambahkan, baksos ini melibatkan lebih dari 100 orang anggota Tagana. Mereka berasal dari Kabupaten dan Kota Madiun, Ponorogo, Tulungagung, Trenggalek, Pacitan, FK Tagana Jatim, dan KSB Pacitan. “Kami juga berkolaborasi bersama BPBD, masyarakat, dan Polsek setempat,” imbuhnya.

Twi juga mengatakan, tak hanya baksos, dalam kesempatan yang sama pihaknya melakukan asesmen dan pendataan kerentanan korban bencana dampak gempa. (her/s)

#dinsos jatim