Senin, 6 Mei 2024

Dinsos Jatim Jemput Orang Terlantar Asal Malang dari NTB

Diunggah pada : 12 Februari 2024 6:17:47 17

Jatim Newsroom- Pemerintah provinsi melalui Dinas Sosial (Dinsos) Jatim merespons laporan dari Dinsos Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengenai keberadaan orang telantar (OT) asal Jatim berinisial NP (28).

Dari keterangan yang tertulis, Senin (12/2/2024) OT tersebut mengaku jika berasal dari Kauman, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Namun, ia kehabisan uang dan Bekal ketika ingin pulang. Akan tetapi, dia sudah dilayani proses pemulangannya di tahun 2023 lalu.

"Itu kenapa kami langsung menghubungi Dinsos Jatim untuk berkoordinasi perihal OT ini. Biaya medis kami tanggung dan untuk pemulangan sesuai prosedur pemulangan orang telantar," jelas Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos NTB, Armansyah.

Sub Substansi Penanganan Bencana Sosial dan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) Dinsos Jatim melakukan penjemputan OT NP secara langsung. Penjemputan dilakukan karena ia merupakan golongan rentan, yaitu termasuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). 

Selain itu, pihak keluarga terkonfirmasi untuk sementara tidak mau menerima atau menolak kedatangan NP kembali ke keluarga. 

"Karena klien warga Jatim, maka sudah tugas kami untuk menyelesaikan permasalahan ini.  Sementara ia menjadi penerima manfaat (PM) Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial (PRS) Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Sidoarjo," kata Kepala Bidang Penanganan Bencana Dinsos Jatim Sukardi.

Dikatakannya, pelayanan terbaik bagi kesembuhan klien adalah kembali kepada keluarga. Semoga keluarga klien bisa cepat menerima dan mau bertemu dengannya lagi.(her/hjr)

#dinsos jatim