Senin, 6 Mei 2024

Dinsos Jatim Gelar Family Gathering Penanganan Korban Pasung Psikotik Berbasis Keluarga

Diunggah pada : 8 Juni 2023 11:10:18 73
Dinsos Jatim Gelar Family Gathering Penanganan Korban Pasung Psikotik Berbasis Keluarga

Jatim Newsroom -  Pemerintah Provinsi Jawa Timur Melalui Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur menggelar Family Gathering Penanganan Korban Pasung Psikotik Berbasis Keluarga di Balai Pertemuan Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Rabu (7/6/2023). 

Kegiatan ini diikuti 50 peserta dari unsur Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pendamping Pasung, Keluarga Korban Pasung, Puskesmas, Polsek hingga Koramil setempat. 

"Narasumber dalam kegiatan ini antara lain ada dari Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan dan Tenaga Kesehatan RSJ Menur," terang Sub Koor Rehab Sosial Dinsos Jatim, Roni Gunawan yang menyampaikan sambutan dari Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial. 

Kegiatan ini diselenggarakan sejalan dengan program Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang mengusung Provinsi Jatim Bebas Pasung. Sekaligus pembinaan dan sebagai ajang silahturahmi para keluarga korban pasung di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. 

Terlebih data korban pasung di Jawa Timur yang ada di aplikasi E-Pasung hingga bulan Mei 2023 ini total ada 2.791 jiwa, diantaranya 609 jiwa dalam perawatan, 1.569 jiwa sudah bebas pasung dan 330 jiwa dinyatakan meninggal dunia. 

Kabupaten Pasuruan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) Korban Pasung yang telah mendapatkan layanan mencapai 20 jiwa. Dengan rincian 16 jiwa bebas pasung, 2 jiwa masih dalam kondisi pasung dan 2 jiwa lagi dinyatakan meninggal dunia," imbuh Roni. 

Kegiatan ini diharapkan semua stakeholder bahu membahu, bekerja keras dan bersinergi untuk mewujudkan Program Provinsi Jatim Bebas Pasung. (her/s)

#dinsos jatim