Minggu, 19 Mei 2024

Dinsos Gelar Pemeriksaan Kesehatan untuk Pegawai

Diunggah pada : 21 November 2023 16:01:47 16
Kepala Dinsos Provinsi Jatim Dra Restu Novi Widiani MM,

Jatim Newsroom - Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2023, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Jatim menggelar pemeriksaan kesehatan kepada semua pegawai, Kegiatan ini digelar secara kolaboratif bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jatim. Pemeriksaan meliputi tes kebugaran, tekanan darah, dan gula darah acak. Sebelum pemeriksaan, para pegawai diminta untuk melakukan pemanasan, kemudian jalan cepat atau lari sekitar 5 menit.

Terkait dengan pemeriksaan kesehatan ini, Kepala Dinsos Provinsi Jatim  Restu Novi Widiani , Selasa (21/11/2023) mengatakan, saat puncak peringatan HKN 2023 Provinsi Jatim di Kota Batu, beberapa waktu yang lalu, Gubernur Khofifah menyerukan untuk menyosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Arahan ibu Gubernur tersebut memang sederhana, tetapi kami harus terus sosialisasikan, salah satunya dengan kegiatan ini. Kami senang karena Dinsos Jatim menjadi titik nol pemeriksaan kesehatan Dinas Kesehatan di OPD Pemprov Jatim,” ucapnya.

Selain itu, dalam puncak HKN Provinsi Jatim tersebut Gubernur Khofifah juga mencanangkan vaksin hepatitis B untuk tenaga kesehatan. Novi menyebutkan, ke depan pihaknya juga akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Jatim mengenai pemberian vaksin tersebut untuk petugas di UPT yang setiap hari menangani pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS), seperti orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), lansia, hingga orang terlantar. 

“Vaksin ini diperuntukkan bagi orang yang dalam pekerjaannya rentan berhubungan dengan pasien yang berdarah, dan sebagainya. Nah, saya rasa petugas-petugas Dinsos di UPT juga memerlukan vaksin hepatitis B. Untuk itu, ke depan kami akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan agar bisa merujuk petugas Dinsos di UPT untuk mendapatkan vaksin di Puskesmas,” ujarnya. (her/s)

#dinsos jatim