Senin, 6 Mei 2024

Dinas Sosial Bersama Bank Jatim Beri Bimbingan Literasi Keuangan bagi Disablitas Netra

Diunggah pada : 28 November 2023 19:57:17 30

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Malang Dinas Sosial (Dinsos) Jatim memberikan Bimbingan Literasi Keuangan bagi Penerima Manfaat (PM) Disabilitas Netra (Distra) bersama Bank Jatim Cabang Malang, Selasa (28/11/2023) pukul 09.00 WIB.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Braille, dihadiri oleh Petugas Bank Jatim, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Anantya Wulandari,dan 29 PM Distra UPT RSBN Malang, serta Pekerja Sosial.

Kegiatan Bimbingan Teknis Literasi Keuangan ini merupakan bagian dari upaya UPT RSBN Malang dalam meningkatkan kualitas dan kesadaran finansial. Dalam kegiatan ini, Anantya Wulandari, memberikan arahan kepada PM tentang pentingnya menumbuhkan kesadaran dan keterampilan dalam mengelola keuangan, salah satunya dengan menabung di Bank. “Sebelumnya teman-teman PM Distra menyimpan di celengan atau di titipkan, sekarang teman-teman sudah memiliki tabungan. Pastinya lebih aman dan dapat mengelola keuangan secara terencana” jelasnya.

PM Distra sangat antusias dengan kegiatan ini. Satu persatu PM Distra bergantian maju, untuk mendapatakan layanan dari Bank Jatim. Sebanyak 29 PM sudah berhasil membuka rekening dan menerima TabunganKU dari Bank Jatim. Kegiatan ini rencananya di laksanakan bertahap dan rutin tiap bulan nantinya Bank Jatim akan hadir untuk melayani PM Distra di UPT RSBN Malang. Salah satu PM Distra asal Kab. Banyuwangi, Xena Firyatullah Hayurra mengatakan sangat senang mengikuti kegiatan ini, karena bisa belajar mandiri dalam pengelolaan keuangan.

“Mulai sekarang saya sudah punya buku tabungan dan hasil pendapatan pijat di workshop bisa saya tabung untuk modal saya buka usaha sendiri nantinya”.

Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, S.Sos, MPSSp juga sangat mendukung kegiatan kerjasama dengan Bank Jatim ini. “Saya sangat mendukung dan berterimakasih kepada Bank Jatim atas kerjasama ini , saya berharap dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan, PM Distra akan dapat mengelola keuangan mereka dengan bijak dan memberikan dampak positif bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat nantinya," pungkasnya.(her/s)

#dinsos jatim