Rabu, 8 Mei 2024

Bupati Pasuruan : SILPA APBD 2021 Kab Pasuruan Disebabkan Pandemi

Diunggah pada : 14 Juni 2022 10:38:45 189
Bupati Pasuruan dalam pemandangan umum fraksi DPRD Kabupaten Pasuruan di ruang rapat Paripurna DPRD Jl Raya Raci Bangil Pasuruan, Senin (13/6/2022).

Jatim Newsroom - Dalam pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Kabupaten Pasuruan Tahun Anggaran 2021, Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pasuruan Tahun 2021 disebabkan pandemi.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Pasuruan dalam pemandangan umum fraksi DPRD Kabupaten Pasuruan di ruang rapat Paripurna DPRD Jl Raya Raci Bangil Pasuruan, Senin (13/6/2022).

Bupati, mengatakan besaran SILPA terdiri dari beberapa sumber dana, termasuk Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Adapun SILPA DBHCHT Tahun 2021 merupakan sisa anggaran dari kegiatan yang sudah dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan program kegiatan yang diatur dalam PMK 206/PMK.07/2020.

“Pandemi Covid-19 salah satu hambatan dalam pelaksanaan penggunaan DBHCHT karena adanya pembatasan kegiatan sampai tribulan III, September 2021. Sehingga berpengaruh terhadap realisasi kegiatan. Selanjutnya, pengalokasian SILPA dianggarkan kembali pada tahun 2022, berpedoman pada PMK Nomor 215/PMK.07/2021,” ujar Bupati.

Bupati juga mengatakan alokasi yang sangat besar dengan regulasi ketat serta perhitungan dan verifikasi sangat detail dalam program DBHCHT menyebabkan Pemda tidak bisa secara leluasa melaksanakan program-program sesuai prioritas kebutuhan daerah.

“Maka dari itu, kami berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Pemerintah Pusat, sekaligus menyampaikan surat permohonan kelonggaran kebijakan dalam pengelolaan DBHCHT. Terima kasih atas apresiasi yang kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan yang telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2021,” tambah Bupati.

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Sudiono Fauzan,  dihadiri Wakil Ketua dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Pasuruan, Wakil Bupati Mujib Imron, Penjabat Sekretaris Daerah Akhmad Khasani,  Asisten dan Kepala SKPD, Pimpinan BUMD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. (yan/n) 

#Bupati Pasuruan