Selasa, 17 September 2024

Bupati Mojokerto Apresiasi UK Petra Surabaya Bangun Wisata Kolam Renang di Atas Awan Desa Jembul

Diunggah pada : 31 Juli 2024 21:45:51 71
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat memukul kentongan tanda soft opening wisata kolam renang di atas awan Desa Jembul, Kabupaten Mojokerto, Rabu (31/7/2024). Foto Vivin

Jatim Newsroom - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati melakukan soft opening wisata Kolam Renang Di Atas Awan Desa Jembul, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Rabu (31/7/2024). Pada momen itu, Ia menyampaikan apresiasinya kepada Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya atau Petra Christian University (PCU) yang telah berdedikasi melaksanakan pembangunan wisata ini melalui program KKN internasional bernama International Community Outreach Program (iCOP).

"Alhamdulillah, hari ini bersyukur, Desa Jembul bersyukur ya. Karena kedatangan tamu dari Universitas Kristen Petra Surabaya. Yang ternyata tidak hanya datang kesini untuk sekadar bertamu, dan tinggal bersama penjenengan menghabiskan waktu tiga minggu di Desan Jembul. Tetapi teman-teman ini juga melakukan berbagai kegiatan. Nah salah satunya ini (pembangunan wisata Kolam Renang di Atas Awan), akhirnya dengan kedatangan teman-teman dari Petra, tempat wisata penjenengan ini bisa difungsikan kembali," tutur Bupati Ikfina, dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Bupati Ikfina mengimbau, kepada UK Petra Surabaya supaya pembangunan wisata ini bisa dibantu untuk proses desainnya, diperhitungkan dananya, dan di daftar apa saja yang diperlukan, sehingga hasilnya nanti wisata bisa beroperasi dengan baik.

"Jadi saya nyuwun tolong dibantu, apa yang perlu, nanti biar desa ini bisa mengajukan kepada kami. Jika sudah ada desainnya, sudah ada RAP-nya, nanti tinggal melaksanakan, tentu saya nyuwun tolong disesuaikan dengan kearifan lokal. Karena di Kabupaten Mojokerto meniko, kami sudah punya City Branding, Kabupaten Mojokerto full of Mojopahit Greatness," terangnya.

Dalam proses desain tempat wisata kolam renang di atas awan ini, Bupati Ikfina pun meminta hal-hal teknis lain agar lebih mudah. Seperti, desain yang lebih mengarah ke Majapahitan. "Dan saya minta tolong nanti barangkali dari tim teman-teman dosen, bisa ada pengabdian, karena sudah paham kondisi di wilayah Desa Jembul, sehingga nanti secara teknis dan desain, bisa betul-betul dimanfaatkan oleh pemerintah Desa Jembul ini, untuk menjadi desinasi wisata. Termasuk, jikalau ada susur sungai, apa yang dibutuhkan bisa diberikan, masukannya secara teknis kepada pemerintah desa Jembul," pinta Bupati Ikfina.

Sehingga nanti untuk pengembangan berikutnya, Bupati Ikfina mengatakan, Pemerintah Desa Jembul bisa memaparkan kepada pemerintah daerah Kabupaten Mojokerto, dengan pendampingan Universitas Kristen Petra mengenai pembangunan wisata ini.

"Karena memang kami ada keterbatasan untuk SDM, terutama terkait dengan desainnya. Sehingga nanti kalau dari teman-teman Petra, bisa membantu pemerintah dalam hal mendesain, dan menghitungkan rencana anggaran dan biayanya. Itu nanti akan sangat membantu kami, baik pemerintah desa maupun pemerintah Kabupaten Mojokerto, untuk pengembangan wisata ini," tutur Bupati Ikfina.

Bupati Ikfina pun menuturkan, tentu pembangunan wisata ini harus gayung bersambut dengan masyarakat Desa Jembul. "Karang Tarunanya hadir hari ini? Oke ya, saya nyuwun tolong, kepada anak-anak muda bisa lebih eksis, menjadi bagian dalam pengembangan dan pengelolaan tempat wisata 'Kolam Renang di Atas Awan'," tuturnya.

Bupati Ikfina juga berpesan agar UMKM Desa Jembul juga terus berkembang sehingga wisata kolam renang atas awan dapat memberikan kemanfaatan bagi seluruh masyarakat Desa Jembul

"Bagaimana nanti semua produk yang ada disini bisa dikembangkan dan bisa menjadi sumber penghasilan untuk masyarakat Desa Jembul," harapnya.

Pada peresmian yang ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Bupati Ikfina itu, turut dihadiri pula Rektor Petra Christian University Djawantoro Hardjito, Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar Prabowo, jajaran Forkopimca Jatirejo, dan Kepala Desa Jembul Marsudi. (vin/ hjr)

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat meninjau wisata Kolam Renang Di Atas Awan, Desa Jembul Kabupaten Mojokerto, Rabu (31/7/2024). Foto ; Vivin

#Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto