Jumat, 3 Mei 2024

Bersama Perangkat Desa, UPT RSBL Kediri Jangkau Calon Penerima Manfaat di Madiun

Diunggah pada : 13 April 2023 20:33:22 31
Dinas Sosial (Dinsos) Jatim melakukan penjangkauan dan seleksi kepada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ)

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Laras (UPT RSBL) Kediri Dinas Sosial (Dinsos) Jatim asrama Caruban melakukan penjangkauan dan seleksi kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Desa Duren dan Desa Sumbergandu, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Kamis (13/4/2023).

Dalam kegiatan ini, UPT RSBL Kediri asrama Caruban bekerja sama dengan Kepala Desa Duren, Sukemi dan Kepala Desa Sumbergandu, Slamet, serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Pilangkenceng, Dwi Prasetyo.

Sementara petugas UPT RSBL Kediri asrama Caruban yang bertugas terdiri dari Pengolah Data Pelayanan A. Sugiharjani Pengolah Data Pelayanan Iin Intarti, dan Pengadministrasi Keuangan Dwi Purwanto.

Calon penerima manfaat Desa Duren merupakan anak pertama dari dua saudara. Ia pernah bekerja di Cikarang setelah lulus SMA. Namun, baru dua bulan bekerja, dia tidak kerasan dan pulang. Calon PM merupakan anak yang pendiam, sehingga keinginannya untuk memiliki sepeda motor hanya dipendam. Di rumah, dia sering marah-marah dan menampar ibu maupun adiknya. Bila orang tua membela adiknya, calon PM merasa dianaktirikan. 

Selanjutnya, tim UPT bergerak ke rumah calon penerima manfaat kedua di Desa Sumbergandu, yang merupakan anak ketiga dan memiliki gen gangguan jiwa dari ibunya. dia empunyai kelainan yaitu suka mencuri. Bila di lingkungan sekitar ada sepeda atau sepeda motor sering dibawa kabur sehingga membuat lingkungan menjadi resah. 

Pernah juga kejadian calon penerima ini akan diamuk massa karena mencuri sepeda motor di desa lain. Untungnya ada tetangga yang mengenalinya sehingga dia tidak jadi diamuk massa. Karena meresahkan lingkungan, perangkat desa dan keluarga membawanya ke RSJ dan setelah pulang dibawa ke pondok pesantren. Kepala UPT RSBL Kediri Singgih Tri Wimbanu melalui Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Tarmini menyampaikan bahwa calon penerima bisa direhabilitasi di UPT RSBL Kediri asrama Caruban.

Dia berpesan kepada perangkat desa dan TKSK untuk membantu memenuhi syarat-syarat penerimaan. "Diharapkan nantinya akan timbul suasana lingkungan yang ramah dan kondusif untuk penderita ODGJ dalam menjalani rehabilitasi setelah pulang dari RSJ," tutupnya (her/hjr)

#dinsos jatim