Kamis, 2 Mei 2024

Adakan Kurasi, Diskop Jatim Ingin Produk UKM Tembus Pasar Modern dan Global

Diunggah pada : 21 September 2023 13:35:06 64
Sumber Foto: Diskop UKM Jatim

Jatim Newsroom - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) menggelar kegiatan Kurasi Produk UKM Jawa Timur bersama Rumah Kurasi. 

Kegiatan yang menghadirkan Ahli Kurator Bersertifikat Nasional ini berlangsung di ruang Aria Wiriaatmadja Diskop UKM Jatim. Adapun kegiatan kurasi ini diikuti lebih kurang 50 produsen UKM Jawa Timur yang terdiri dari unsur KUKM OPOP dan umum.

Melalui laman resminya, Kamis (21/9/2023), Diskop UKM Jatim menyebutkan bahwa kurasi produk UKM merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menjamin setiap produk memiliki standar mutu dan kelayakan produk bagi konsumen. Hal ini dimaksudkan agar setiap produk UKM yang telah dikurasi memiliki standar mutu yang tepat dan baik untuk pasar modern dan pasar global. 

Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha, Diskop UKM Jatim, Susanti Widyastuti mewakili Kepala Diskop UKM Jatim menyampaikan pentingnya pemahaman legalitas produk. Susanti juga menambahkan langkah pengembangan produk. 

“Produk UKM membutuhkan daya saing yang tinggi supaya memiliki nilai yang mencukupi standar untuk dapat bersaing di pasar modern dan pasar global melalui peningkatan kualitas, sumber daya manusia, dan produk,” terangnya. 

Dikatakan Susanti, kurasi produk UKM ini diselenggarakan sebagai proses pelatihan dan pendampingan verifikasi produk sesuai dengan standar tertentu yang telah ditetapkan untuk dipasarkan di pasar modern dan pasar global. Tujuannya, agar produk dapat memiliki standar dan dapat menyesuaikan dengan peraturan serta regulasi pasar tujuan. 

Melalui kurasi produk UKM bersama peserta UKM terpilih ini, Diskop UKM Jatim ingin memberikan kesempatan pada UMKM agar dapat mengembangkan produk dan memperluas pasar hingga ke pasar modern dan pasar global.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Rumah Kurasi Jawa Timur, Setyohadi mengungkapkan harapan dari diadakannya kegiatan kurasi produk UKM. 

“Kami berharap dari kegiatan ini dapat menghasilkan output atau luaran berupa kurasi produk dan ekosistem perusahaan yang maksimal. Dari ekosistem perusahaan yang optimal akan menciptakan manajemen atau pengelolaan dan pemasaran produk yang menarik calon konsumen,” terang Setyohadi.

Para ahli kurator bersertifikat dari tim Rumah Kurasi pada kegiatan Kurasi Produk UKM ini memberikan wawasan dan rekomendasi untuk peningkatan marketing UKM agar dapat dikirim ke berbagai segmen konsumen atau setidaknya dapat naik kelas. 

Tak hanya itu, Rumah Kurasi juga memberikan fasilitas bagi produk UKM yang telah melakukan kurasi untuk dapat melakukan sesi foto produk oleh tim Rumah Kurasi. Hal ini juga menjadi salah satu output atau luaran dari kegiatan Kurasi Produk UKM oleh Diskop UKM Jatim. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #kurasi produk