Sabtu, 2 Maret 2024

60 Pelaku KUKM Surabaya Berlatih Membuat Produk Essential Oil

Diunggah pada : 28 November 2023 15:12:47 21
Pelatihan pembuatan produk Essential Oil oleh Diskop UKM Jatim. Sumber Foto: Diskop UKM Jatim

Jatim Newsroom – Sebanyak 60 pelaku usaha koperasi dan usaha kecil dan menengah (KUKM) di wilayah Surabaya mengikuti pelatihan pembuatan produk Essential Oil. Kegiatan yang berlangsung di Surabaya ini diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim). 

Mengutip laman Diskop UKM Jatim (28/11/2023), Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha, Diskop UKM Jatim, Susanti Widyastuti menyampaikan, belakangan ini masyarakat menyukai hal aesthetic serta elegan dan essential oil menjadi salah satu produk yang diminati saat ini. 

“Banyak kita temui essential oil di pasaran sehingga potensi ini dapat memberikan peluang bagi para wirausahawan muda yang ada di Surabaya khususnya untuk meningkatkan kapasitas, kreativitas, dan inovasi,” ujar Susanti.

Ia pun menyampaikan tujuan kegiatan ini yaitu agar peserta dapat meningkatkan kualitas produk essential oil yang tepat. Kemudian, peserta dapat berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan usaha, dan peserta dapat meningkatkan daya saing produk di pasar.

Hadir sebagai narasumber yaitu Siti Nurhidayah dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Prestasi. Ia mengenalkan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat essential oil serta praktik langsung dalam pembuatan essential oil. 

Ia menegaskan, variasi yang dapat diciptakan melalui beragam jenis bahan yang digunakan untuk essential oil akan menciptakan produk yang menarik dan diminati oleh masyarakat.

“Bukan hanya pengharum saja, namun essential oil juga memiliki beragam manfaat sesuai bahan yang digunakan, seperti penghilang stres, pereda batuk dan pilek, serta anemia,” terangnya.

Siti menambahkan penjelasan terkait beberapa bahan yang biasa digunakan dan manfaatnya. “Seperti penggunaan bahan lemon dengan aroma segar dapat membuat rileks dan menghilangkan stres atau berbahan mint, serai dan cengkeh yang digunakan sebagai penyembuhan,” jelasnya.  

Dari bahan-bahan yang beragam ini, imbuh Siti, dapat digunakan untuk menciptakan pasar yang luas karena penggunaan essential oil disesuaikan dengan kondisi dari penggunanya. (idc/s)

#UMKM #Diskop UKM Jatim #KUKM #essential oil