Kamis, 18 Juli 2024

500 Pembalap Siap Bertanding di Indonesian National Championship 2022

Diunggah pada : 15 Juli 2022 19:39:56 205
Balap sepedah

Jatim Newsroom - Sebanyak 500 pebalap dari 27 provinsi, siap berlaga pada Kejuraan Nasional (Kejurnas) balap sepeda,  Indonesian National Championship (INC) yang diselenggarakan di Banyuwangi pada 15 - 24 Juli 2022. Ratusan pebalap tersebut siap bertanding di kelas road bike, dan sepeda gunung (MTB), untuk memperebutkan jersey Merah Putih, yang menjadi tanda sebagai pebalap terbaik nasional.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Parama Nugroho mengatakan, pada Kejurnas di Banyuwangi animo peserta yang mengikuti cukup bersar, karena dari 34 pengurus provinsi hanya 7 yang absen, sekaligus merupakan jumlah peserta terbanyak selama pelaksanaan kejurnas balap sepeda diselenggrakan.

"Yang jelas pesertanya hampir lima ratus orang, ini jumlah peserta terbanyak selama pelaksanaan kejurnas balap sepeda," ungkap Parama Nugraha, Jumat (15/7/2022).

Dalam Kejurnas balap sepeda INC 2022, mempertandingkan 70 nomor perlombaan, untuk disiplin road akan terdiri atas tiga lomba, yakni individual time trial (ITT), individual road race (IRR), dan criterium, dengan jumlah total 39 nomor perlombaan. Sementara itu, nomor MTB melombakan cross-country eliminator (XCE), cross-country Olympic (XCO), cross-country relay (XCR), downhill, dan enduro, dengan jumlah toal 31 nomor lomba disiplin MTB. 

"Ada 70 nomor perlombaan baik Road maupun MTB, yang melombakan mulai kategori umur Youth, Junior, U-23 dan Elite, baik Putra maupun putri," tambah Parama.

Sementara itu Ketua ISSI Banyuwangi Guntur Priambodo mengatakan, hampir seluruh peserta dari berbagai provinsi sudah datang di Banyuwangi, bahkan beberapa hari terakhir sudah terlihat beberapa atlet mencoba track yang akan digunkan dalam Kejurnas.

"Kejurnas balap sepeda INC 2022, bukan hanya sekadar event olahraga saja, melainkan menjadi ajang untuk mendongkrak perekonomian masyarakat, karena para peserta menempati hotel dan penginapan di Banyuwangi, sehingga akan berdampak pada ekonomi masyarakat," ungkap Guntur.

Dalam Kejurnas INC 2022, Lomba akan diawali disiplin Road dengan nomor Individual Time Tria (ITT) yang dilaksanakan pada Sabtu, 16 Juli 2022. dengan start Depan kantor PUDAM layanan Gambiran, hari kedua Criterium Start depan Pemkab Banyuwangi, pada Minggu 17 Juli 2022 dan pada Senin 18 Juli 2022 melombakan Individual Road Race (IRR) dengan start depan Pemkab Banyuwangi dan finish di Perkebunan Kalibendo.

Pada Kamis 20 Juli hingga 24 Juli, giliran disiplin MTB yang dipertandingkan, untuk tanggal 20-21 melombakan nomor Cross Country (XC), di Agatis Forest Track yang berada didusun Rembangan desa Banjar Licin. 22 - 23 Juli giliran Downhill di Gantasan Bike Parik desa Tamansari Licin, dan pada 24 Juli 2022 melombakan nomor Enduro yang dilaksanakan di Agatis Forest Track desa Banjar Licin. (Hen/hjr)

#balap sepeda